Fajar/Rian ke Final All England 2024, Ada Peran Jonatan Christie dan Anthony Ginting

Fajar/Rian ke Final All England 2024, Ada Peran Jonatan Christie dan Anthony Ginting

Olahraga | inews | Minggu, 17 Maret 2024 - 11:00
share

BIRMINGHAM, iNews.id Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke final All England 2024. Ada peran Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting dalam sukses ganda putra Indonesia tersebut.

Fajar/Alfian berhasil menyingkirkan unggulan keenam asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi 21-18, 21-18 di semifinal All England 2024, Minggu (17/3/2024) dini hari WIB. Kemenangan di Utilita Arena, Birmingham, Inggris, itu membawa unggulan ketujuh itu ke laga puncak untuk mempertahankan titel yang mereka raih tahun lalu.

Sebenarnya, dalam duel tersebut, Fajar/Rian sempat tertinggal jauh 3-11 di interval game kedua. Namun mereka bisa membalikkan keadaan menjadi 21-18.

Meski sempat tertinggal jauh, pasangan tersebut terus berjuang hingga akhir membuat mereka bisa mendapatkan satu tempat di babak final.

"Kami tidak menyangka bisa mengejar ketertinggalan dan membalikkan keadaan di game kedua. Kami saling support, saling menunjukkan daya juang yang besar bahwa selagi belum selesai tidak boleh dulu menyerah," kata Fajar Alfian dalam keterangan PBSI, Minggu (17/3/2024).

Fajar pun mengaku kombinasi servis menjadi kunci keberhasilan untuk mengejar ketertinggalan, sehingga mampu membalikan keadaan di game kedua. Ia juga menilai Hoki/Kobayashi bermain sangat bagus di awal game kedua dan memiliki pertahan solid, sehingga membuatnya kesulitan untuk mendapatkan angka.

"Tadi kuncinya ada di servis, kombinasi servis yang kami gunakan saat tertinggal itu menjadi senjata efektif untuk meraih poin demi poin. Servis pendek, servis panjang dan servis drivenya kami yakinkan lagi," ucapnya.

"Game kedua lawan bermain sangat baik di awal-awal, pertahanan mereka luar biasa, beberapa kali menyulitkan kami dengan serangan baliknya. Kami merasa di sini kami bisa bermain lebih enjoy. Tapi walau sudah masuk final, masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki, mengurangi kesalahan-kesalahan sendiri," ujarnya.

Ternyata, kemenangan mereka ada peran Jonatan Christie dan Anthony Ginting. Sukses kedua tunggal putra Indonesia itu menciptakan All Indonesian Final di All England 2024 memotivasi Fajar/Rian untuk juga menembus final.

"All Indonesian Final di tunggal putra menambah motivasi kami. Kami mau juga mempersembahkan gelar All England untuk Indonesia. Jadi kami mau berusaha maksimal," tutur Rian.

Di final, Fajar/Rian akan meladeni unggulan kelima dari Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Minggu (17/3/2024) malam WIB.

Topik Menarik