Chow Yun Damanik Belum Jadi WNI tapi Dipanggil Timnas Indonesia U-20, Ini Alasan Indra Sjafri

Chow Yun Damanik Belum Jadi WNI tapi Dipanggil Timnas Indonesia U-20, Ini Alasan Indra Sjafri

Olahraga | inews | Sabtu, 16 Maret 2024 - 15:14
share

JAKARTA, iNews.id Chow Yun Damanik belum menjadi warga negara Indonesia (WNI). Namun, dia tetap dipanggil Timnas Indonesia U-20. Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, menjelaskan asalan pemanggilan sang pemain.

Sang gelandang kelahiran Swiss itu masuk daftar 37 pemain yang dipanggil untuk pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 sebagai persiapan laga uji coba kontra China U-20 di Stadion Madya, Jakarta, 22 dan 25 Maret mendatang.

Pemanggilan ini menjadi sorotan, karena pemain berusia 16 tahun itu masih belum menjadi WNI. Namun, Indra Sjafri punya alasan khusus mengapa dirinya memanggil pemain keturunan Indonesia itu.

Indra Sjafri menyampaikan kalau dirinya ingin lebih melihat kualitas Chow Yun Damanik. Pasalnya, dia baru melihat kemampuan pemain Lausanne-Sport itu saat menjalani latihan bersama Timnas Indonesia U-17 di Jerman jelang Piala Dunia U-17 2023.

Saya mau melihat dia untuk memastikan apakah statusnya itu istimewa atau tidak, kata Indra Sjafri di Jakarta pada Jumat (15/3/2024).

Kami baru melihat dia satu kali saat pertandingan uji coba timnas U-17 Indonesia di Jerman, tuturnya.

Jadi kami panggil dia apakah memang benar-benar kualitas dia bagus dan mempunyai rasa cinta ke Indonesia, pelatih berusia 61 tahun tersebut menjelaskan.

Indra Sjafri sama sekali tidak menutup pintu kepada Chow Yun Damanik. Karena bagaimanapun juga, pemain berusia 16 tahun itu sangat ingin membela Timnas Indonesia dan memiliki hak untuk nantinya menjadi WNI.

Dia ingin memperkuat Indonesia dan orang tuanya mengizinkan karena usia dia masih di bawah 20 tahun. Dia juga punya hak untuk menjadi warga negara Indonesia, ucap Indra Sjafri.

Topik Menarik