Penyebab Peringkat Dunia Inter Miami di Bawah Persib Bandung dan Persija Jakarta

Penyebab Peringkat Dunia Inter Miami di Bawah Persib Bandung dan Persija Jakarta

Olahraga | BuddyKu | Jum'at, 9 Juni 2023 - 10:25
share

PENYEBAB peringkat dunia Inter Miami di bawah Persib Bandung dan Persija Jakarta akan dibahas Okezone . Menurut laman Football Database, Inter Miami menempati peringkat 1545 dunia dengan 1295 poin di bawah Persib Bandung yang berada di peringkat 785 dunia (1378 poin) dan Persija Jakarta di posisi 786 dunia (1377 poin).

Padahal, Inter Miami secara mengejutkan baru saja sukses mendatangkan sang megabintang asal Argentina, Lionel Messi, pada Kamis 8 Juni 2023 dini hari WIB. Kepindahan pemilik tujuh gelar Ballon d\'Or itu menyusul kontraknya dengan Paris Saint-Germain (PSG) yang berakhir pada 30 Juni 2023.

Peringkat Inter Miami

(Peringkat Inter Miami versi Football Database)

Inter Miami sendiri merupakan klub sepakbola profesional Amerika Serikat yang berbasis di Miami, Florida. Klub yang dimiliki David Beckham ini berkompetisi di Major League Soccer (MLS) sejak musim 2020 yang bermarkas di Stadion Inter Miami CF, tempat bekas Stadion Lockhart.

Kendati berhasil mengamankan tanda tangan La Pulga -julukan Lionel Messi, Inter Miami faktanya berada di bawah klub elit Indonesia, Persib Bandung dan Persija Jakarta dalam peringkat dunia. Lantas, apa penyebab klub baru Lionel Messi itu berada di peringkat yang rendah?

Dalam penghitung Football Database menggunakan formula peringkat Elo yang telah diadaptasi dan menerapkannya pada sejumlah kompetisi klub sepakbola di seluruh dunia. Dengan tujuan, untuk memberikan sebuah peringkat matematis bagi klub sepakbola dunia.

Faktor-faktor yang dihitung sistem Elo awalnya yakni faktor bobot untuk jenis pertandingan, penyesuaian untuk keuntungan tim tuan rumah, dan penyesuaian untuk selisih gol dalam hasil pertandingan. Kemudian, faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam perhitungan peringkat baru sebuah tim di antaranya peringkat lama tim, bobot turnamen yang dipertimbangkan, selisih gol dalam pertandingan, hasil pertandingan, dan hasil yang diharapkan dari pertandingan.

Sementara itu, bobot berbeda dari kompetisi internasional secara menurun yang pertama adalah Piala Dunia Klub FIFA, Liga Champions UEFA , dan Copa Libertadores, kemudian Liga Champions AFC, Liga Champions CAF, Liga Champions CONCACAF, Liga Europa, dan Copa Sudamericana, terakhir Liga Champions OFC.

Persib Bandung dan Persija Jakarta

(Peringkat Persib Bandung dan Persija Jakarta versi Football Database)

Penentuan peringkat cenderung mendekati kekuatan sebenarnya suatu klub dibandingkan dengan pesaingnya setelah sekitar 30 pertandingan. Peringkat untuk klub dengan kurang dari 30 pertandingan harus dianggap sementara. Data pertandingan utamanya berasal dari pertandingan setelah 1 Januari 2009.

Oleh karena itu, Inter Miami menempati 1545 dunia dan kalah dari klub-klub Liga 1 seperti Persib Bandung dan Persija Jakarta. Pasalnya, Inter Miami sendiri baru lahir pada 2018 silam sehingga otomatis perhitungan poin mereka baru dihitung pada periode tersebut.

Topik Menarik