Presiden Jokowi Teken Keppres soal Naturalisasi Shayne Pattynama, Ini Harapan Menpora

Presiden Jokowi Teken Keppres soal Naturalisasi Shayne Pattynama, Ini Harapan Menpora

Olahraga | skor.id | Selasa, 3 Januari 2023 - 19:00
share

SKOR.id - Setengah tahun pasca-kehadiran Shayne Pattynama di Jakarta, tepatnya pada 1 Juni 2022, proses naturalisasi pemain berusia 24 tahun itu memasuki tahap akhir.

Terbaru, Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani surat Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia untuk Shayne Pattynama.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali pada Selasa (3/1/2022) dalam keterangan yang diterima Skor.id .

Kini, Shayne Pattinama hanya tinggal melakukan pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta untuk mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI).

Zainudin Amali berharap proses naturalisasi pemain Viking FK (Norwegia) itu bisa segera rampung, termasuk dengan proses perpindahan asosiasi dari KNVB ke PSSI.

Menpora juga berharap, setelah menjadi WNI, Shayne Pattynama bisa menjadi tambahan kekuatan bagi timnas Indonesia di masa yang akan datang.

"Keppres tentang pemberian kewarganegaraan RI untuk Shayne Elian Jay Pattynama sudah ditandatangani oleh Bapak Presiden Joko Widodo," kata Zainudin Amali.

"Selanjutnya yang bersangkutan akan mengikuti pengambilan sumpah di Kanwil Kemenkumham Provinsin DKI Jakarta."

"Kita berharap proses ini bisa segera, termasuk perpindahan dari Asosiasi sepak bola Eropa ke Asosiasi sepak bola Asia."

"Dengan kehadiran Shayne Pattynama ini diharapkan bisa menambah kekuatan timnas Indonesia pada pertandingan-pertandingan yg akan dihadapi oleh timnas ke depannya," ia membeberkan.

Adapunpemain berposisi bek kiri itu masih menjadi salah satu andalan Viking FK sejak direkrut pada April 2021.

Hinggatulisan ini dibuat, sudah sebanyak 55 pertandingan dijalani Shayne Pattynama untuk Viking FK dan sering dimainkan sebagai starter.

PadaLiga Norwegia musim 2022,ia tampil 18 kali atau selama 1.048 menit. Lalu diturunkan enam laga di Kualifikasi Liga Konferensi Eropa 2022-2023.

VIDEO: Timnas Indonesia Kalahkan Filipina 2-1 di Laga Terakhir Fase Grup Piala AFF 2022

Piala AFF 2022: Shin Tae-yong Tak Senang, Timnas Indonesia Punya PR Penting Jelang Semifinal

&
Topik Menarik