5 Tim Kejutan di Piala Dunia dalam Lima Tahun Terakhir, Jadi Ancaman Para Juara

5 Tim Kejutan di Piala Dunia dalam Lima Tahun Terakhir, Jadi Ancaman Para Juara

Olahraga | BuddyKu | Kamis, 8 Desember 2022 - 13:57
share

ADA lima tim kejutan di Piala Dunia dalam lima tahun terakhir yang mampu mencuri perhatian publik. Kelima tim ini sejatinya belum pernah menjadi juara di turnamen bergengsi empat tahunan itu.

Beberapa di antara mereka bahkan jarang diperhitungkan oleh tim raksasa Eropa. Namun, dua edisi Piala Dunia terbaru ini mampu mematahkan banyak ekspektasi para pencinta sepak bola saat ini. Berikut lima tim kejutan yang dimaksud.

5. Korea Selatan

Timnas Korea Selatan menjadi sorotan pada Piala Dunia 2018 lalu setelah sempat meraih peringkat empat pada edisi 2002 silam. Taeguk Warriors-julukan Korea Selatan- mampu membuat para penonton terperanga kala menekuk Jerman dua gol tanpa balas.

Momen itu terjadi pada partai akhir fase grup F Piala Dunia 2018 di bawah asuhan Shin Tae-yong. Terbaru, mereka juga sukses mengandaskan Portugal dengan skor 2-1 di laga akhir fase grup H Piala Dunia 2022. Korea Selatan menjadi salah satu tim yang sering menjadi kejutan di Piala Dunia.

4. Belgia

Belgia sejatinya belum pernah menjadi juara di Piala Dunia. Namun mereka mampu mencatatkan rekor baru di edisi 2018.

Belgia berhasil menumbangkan Brasil di babak perempat final saat itu, dengan skor 2-1. Bertemu Prancis di semifinal, Belgia takluk0-1. Namun mereka berhasil merebut juara ketiga Piala Dunia 2018. Ini adalah pencapaian tertinggi Belgia setelah sebelumnya hanya duduk di peringkat keempat pada edisi 1986 silam.

3. Arab Saudi

Piala Dunia 2022 dikejutkan sejak matchday pertama babak penyisihan Grup C oleh Arab Saudi. The Falcons-julukan Arab Saudi- menang comeback atas Argentina, skor 2-1.

Hasil tersebut lantas membuat Arab Saudi sempat ditakuti. Sayang mereka justru tumbang dari Meksiko dan Polandia, sehingga gagal melaju ke babak selanjutnya.

2. Jepang

Pencapaian tim Asia yang paling meningkat sejauh ini dipegang oleh Jepang. Samurai Biru-julukan Jepang- mampu mengandaskan dua raksasa Eropa sekaligus.

Tim asuhan Hajime Moriyasu itu menekuk Jerman dan Spanyol dengan skor identik, 2-1, di babak penyisihan grup. Mereka pun lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup, mengangkangi dua mantan juara Piala Dunia tersebut.

1. Maroko

Tim kejutan lainnya tidak hanya banyak datang dari Asia semata. Timnas Maroko pun mampu memulangkan juara Piala Dunia 2010, Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Achraf Hakimi dkk menang dengan hasil cleansheet lewat adu penalti, skor 3-0. Mereka menjadi penantang baru di babak perempat final Piala Dunia 2022 bersaing dengan Portugal, Belanda, Argentina, Brasil, Kroasia, Prancis, dan Inggris.

Topik Menarik