Gregoria Mariska Tunjung Kejutkan Unggulan Teratas

Gregoria Mariska Tunjung Kejutkan Unggulan Teratas

Olahraga | koran-jakarta.com | Kamis, 8 Desember 2022 - 06:26
share

JAKARTA -Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung membuat kejutan dengan menaklukkan unggulan teratas asal Tiongkok, Chen Yu Fei, dalam laga pembuka Grup A, BWF World Tour Finals 2022 di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (7/12).

Gregoria yang tak diunggulkan berhasil melewati pertarungan tiga gim berdurasi hampir satu jam dengan kemenangan 21-9, 14-21, 21-16. Kemenangan itu menjadi yang pertama bagi Gregoria atas tunggal putri peringkat empat dunia itu sejak Indonesia Open 2017.

Gregoria selanjutnya akan berjumpa unggulan keempat asal Korea Selatan, An Se Young,dalam laga kedua Grup A. Dia harus menempati posisi juara atau runner-up grup untuk lolos ke semifinal turnamen berhadiah total 1,5 juta dollar AS itu.

Hasil bagus juga diraih ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Dalam laga pembuka itu, Apriyani/ Siti mengalahkan pasangan Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan 23-21, 21-19. Kemenangan tersebut sekaligus menjadi pembalasan kekalahan wakil Indonesia di babak 32 besar French Open 2022 lalu.

Apriyani/Siti mengatakan, lega bisa melewati laga pembuka yang merupakan kemenangan penting untuk menghadapi dua pertandingan berikutnya.

"Syukur kami bisa memenangi pertandingan. Kemenangan yang sangat penting. Kemenangan pertama yang mungkin bisa menentukan langkah berikutnya," ucap Apri melalui keterangan tertulis PBSI.

Dalam laga kedua Grup B, Apri/Siti akan menantang juara Australian Open 2022 asal Tiongkok, Zhang Shu Xian/Zheng Yu. Zhang/Zheng sebelumnya kalah di partai pertama dari rekan senegaranya, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan lewat pertarungan rubber game 18-21, 21-17, 14-21.

Hasil lain di hari pertama, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil mengatasi tekanan dari pasangan Korea Selatan Choi Sol-Gyu/Kim Won Ho. Kemampuan teknik dan kadar kesabaran unggulan teratas turnamen akhir tahun ini langsung teruji dengan merebut kemenangan dua gim langsung 23-21, 21-17 dalam pertandingan berdurasi 48 menit.

Fajar/Rian selanjutnya akan menghadapi wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi di pertandingan kedua Grup A. Sementara itu, tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, memenangi pertandingan melawan rekannya di Pelatnas, Jonatan Christie, dalam babak penyisihan Grup B. Meski sempat tertinggal gim pertama, akhirnya Anthony mencetak kemenangan 6-21, 21-10, 21-16. ben/G-1

Topik Menarik