Loading...
Loading…
Pertama Kali dalam Sejarah, 3 Wakil Asia Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022!

Pertama Kali dalam Sejarah, 3 Wakil Asia Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022!

Powered by BuddyKu
Olahraga | Indozone | Sabtu, 03 Desember 2022 - 01:03

Gelaran Piala Dunia Qatar 2022 nampaknya benar-benar dimanfaatkan para wakil Asia untuk unjuk gigi. Terhitung ada tiga negara Asia yang sudah memastikan diri melaju ke babak 16 Besar Piala Dunia 2022.

Ketiga negara tersebut ialah Australia, Jepang , dan Korea Selatan (Korsel). Bahkan, Jepang mampu lolos dengan status juara Grup F Piala Dunia 2022.

Timnas Jepang
Pemain Timnas Jepang merayakan keberhasilan mereka lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia 2022. (REUTERS/Susana Vera)

Padahal, skuad berjuluk Samurai Biru tersebut tergabung di grup sulit bersama dua raksasa Eropa, yakni Jerman dan Spanyol. Jepang pun mampu mengalahkan keduanya dengan skor 2-1, hingga lolos sebagai juara Grup E Piala Dunia 2022 usai menorehkan enam poin.

Sementara Australia dan Korsel sama-sama menjadi runner-up grupnya masing-masing. Australia mewakili Grup D, sementara Korsel dari Grup H Piala Dunia 2022.

Timnas Korsel
Pemain Korsel merayakan keberhasilan mereka lolos 16 Besar Piala Dunia 2022. (REUTERS/Wolfgang Rattay)

Ini pun menjadi pertama kali dalam sejarah di mana ada tiga wakil Asia di babak 16 Besar Piala Dunia 2022. Pasalnya catatan terbaik wakil Asia di Piala Dunia tercipta dua dekade silam atau tepatnya pada Piala Dunia 2002.

Pada saat itu, ada dua wakil Asia yang berhasil melaju babak fase gugur. Ya, kedua tuan rumah Korsel dan Jepang sukses lolos dari fase grup. Bahkan Korsel bertahan hingga babak semifinal, dan jadi catatan terbaik wakil Asia yang belum pernah terulang hingga kini.

Sebagai sama-sama tinggal di belahan Benua Asia, kita semua tentu berharap ketiga negara itu terus membuat kejutan di Piala Dunia 2022. Bukan tak mungkin ini akan menjadi momen kebangkitan sepak bola Asia di Piala Dunia, yang mana selalu didominasi oleh Eropa dan Amerika Selatan.

Kini menarik dinantikan seperti apa kiprah tiga wakil Asia itu di Piala Dunia 2022. Apakah mampu terus membuat kejutan, atau hanya mampu bertahan hingga babak 16 Besar Piala Dunia 2022.

Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik