Polisi Tak Izinkan The Jakmania Saksikan Duel Persib Vs Persija di Bandung

Polisi Tak Izinkan The Jakmania Saksikan Duel Persib Vs Persija di Bandung

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 21 September 2022 - 20:39
share

BANDUNG - Polisi telah melarang The Jakmania untuk menyaksikan langsung duel Persib Bandung vs Persija Jakarta. Suporter Persija itu dilarang untuk datang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang akan jadi venue El Clasico Liga 1 itu.

Duel Persib vs Persija yang akan digelar pada 2 Oktober 2022 itu tak akan dihadiri oleh The Jakmania. Kebijakan tegas tersebut diambil dengan alasan faktor keamanan.

"Tidak diizinkan. Hasil kesepakatan dengan panitia pelaksana," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, Rabu (21/9/2022).

Tidak hanya melarang The Jakmania hadir di Stadion GBLA, panitia pelaksana pun memastikan, tidak akan menjual tiket kepada suporter Persija. Menurutnya, tiket laga Persib vs Persija hanya akan dijual kepada warga ber-KTP Jawa Barat.

"Misalnya mereka kan akan menggunakan verifikasi dengan KTP, warga ber-KTP Jakarta tidak akan bisa beli," tegasnya.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Stadion GBLA) akan dikelola swasta sehingga bisa menjadi home base Persib Bandung (Foto: Istimewa)
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Stadion GBLA) akan dikelola swasta sehingga bisa menjadi home base Persib Bandung (Foto: Istimewa)

Tidak hanya itu, Ibrahim juga mengatakan, pihaknya akan menerapkan sistem ring untuk mengantisipasi The Jakmania yang nekat memasuki area Stadion GBLA.

"Nanti kita akan regulasi dengan pencegatan di lapangan, jadi kalau mereka datang dan terdeteksi bahwa mereka itu pendukungnya Persija, mereka akan dipulangkan atau diputarkan saat gate ring 4 di jalan masuk sebelum stadion," jelasnya.

Ibrahim memastikan bahwa pihaknya akan memperketat keamanan, agar laga klasik itu dapat berjalan aman dan lancar tanpa insiden kekerasan seperti yang sempat terjadi, beberapa tahun silam.

"Kita lebih ketat lagi lakukan, kita harus konsisten melakukan pengawasan lebih ketat dengan batasan yang sudah kita bangun. Alhamdulillahselama ini evaluasi berjalan sudah baik, nanti akan kita evaluasi kelemahannya untuk ditingkatkan ke depannya agar semakin sempurna," tuturnya.

Oleh karenanya, Ibrahim mengimbau para pendukung setia Persija Jakarta itu untuk menyaksikan laga tersebut cukup dari layar televisi.

"Kita berharap, pemakluman dari pendukung Persija untuk tidak datang ke Stadion GBLA karena memang kita membatasi bahwa tidak ada pendukung Persija yang menonton di GBLA, jadi sebaiknya menonton di televisi," tandasnya.

Diketahui, Minggu (23/9/2018) silam, seorang The Jakmania,Haringga Sirilla tewas setelahdikeroyokjelang laga Persib Bandung vsPersijaJakarta di area parkir Stadion GBLAsekitar pukul 13.00 WIB.

Kematian Haringga menambah daftar panjang korban yang jatuh akibat kekerasan dalam laga sepak bola. Khusus rivalitas Persib vsPersija, berdasarkan laporan Save Our Soccer, terdapatenam korban meninggal dunia, termasuk Haringga.

Topik Menarik