5 Klub Sepakbola Indonesia Terkaya Saat Ini di Liga 1 2022-2023, Siapa Paling Mahal?

5 Klub Sepakbola Indonesia Terkaya Saat Ini di Liga 1 2022-2023, Siapa Paling Mahal?

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 7 Agustus 2022 - 13:52
share

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah kontestan Liga 1 2022-2023 masuk dalam daftar klub sepak bola Indonesia terkaya saat ini. Predikat terkaya tersebut dilihat berdasarkan total market value yang dimilikinya.

Seperti diketahui, kompetisi sepak bola paling bergengsi di Tanah Air yakni Liga 1 2022-2023 kini belum lama ini telah bergulir. Persaingan yang kian memanas tidak hanya terjadi di atas lapangan hijau.

Sejak awal musim, gengsi klub-klub kaya ini sudah terlihat dari persaingan untuk mendapatkan skuat terbaik. Mereka berlomba mendatangkan pemain-pemain bagus dan mahal guna menjadi yang terbaik di kelasnya pada akhir musim nanti.

Dari sekian banyak klub, tim mana yang berpredikat paling kaya? Hal itu sebenarnya bisa dilihat dari market value yang dimiliki tim tersebut.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi market value, salah satunya adalah harga seluruh pemain yang dimilikinya. Mengacu status di situs Transfermarkt, Jumat (5/8/2022), berikut ini adalah klub sepakbola Indonesia terkaya dilihat dari total market value yang dimilikinya.

5 Klub Sepakbola Indonesia Terkaya Saat Ini :

1. Persija Jakarta

Di urutan pertama, ada Persija Jakarta yang berpredikat sebagai klub Indonesia terkaya nomor satu saat ini. Tim kebanggaan The Jakmania ini memiliki market value mencapai Rp97,8 miliar.

Skuad mahal dan mewah yang dimiliki Persija Jakarta antara lain diisi oleh beberapa nama rekrutan terbarunya yakni Ondrej Kudela, Hanno Behrens, dan pemain dengan harga pasar tertinggi di klub, Michael Krmencik yang nilai pasarnya mencapai 26 Miliar Rupiah.

Selain itu, nama-nama lokal seperti Osvaldo Haay, Andritany Ardhiyasa, Riko Simanjuntak juga termasuk bintang yang membuat Persija semakin gahar.

2. Persib Bandung

Di bawah Persija Jakarta, ada tim sepakbola dari Tanah Pasundan, Persib Bandung, yang memiliki nilai pasar mencapai. Rp91 miliar. Saat ini, Maung Bandung diarsiteki Robert Rene Alberts dan termasuk dalam jajaran tim dengan skuad termewah.

Bahkan, Persib Bandung digadang-gadang menjadi kandidat kuat juara Liga 1 2022/2023. Musim ini, Persib Bandung sudah merekrut pemain baru seperti Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, David Rumakiek, Fitrul Dwi Rustapa, Eriyanto, Ciro Alves, Reky Rahayu, dan teranyar Daisuke Sato. Daisuke Sato mengisi slot pemain asing asal Asia yang kosong setelah ditinggalkan Mohammed Rashid (Palestina).

3. Bali United

Selanjutnya, Bali United menempati posisi ketiga sebagai klub Liga 1 Indonesia terkaya berdasarkan nilai total market value. Tim besutan Stefano \'Teco\' Cugurra itu memiliki market value mencapai Rp76,1 miliar.

Adapun skuad Bali United tidak banyak berubah dibandingkan musim sebelum setelah menjadi juara. Empat pemain asing masih dipertahankan. Mereka adalah Willian Pacheco (Rp6,08 miliar), Brwa Nouri (Rp7,39 miliar), Eber Bessa (Rp5,21 miliar), dan Privat Mbarga.

4. Bhayangkara FC

Di urutan keempat, ada tim Bhayangkara FC yang masuk klub Indonesia terkaya berdasarkan market value di Transfermarkt. Nilai total klub asuhan Widodo Cahyono Putro memiliki market value sebesar Rp70,3 miliar per 5 Agustus 2022.

Skuat ini diisi oleh beberapa pemain asing mahal antara lain adalah bek tengah asal Brasil, Anderson Salles Katsuyoshi Kimishima yang menjadi gelandang tengah asal Jepang, Youssef Ezzejjari striker dari Spanyol, dan sayap asal Maroko yakni Youness Mokhtar.

5. Borneo FC

Terakhir ada klub berjuluk Pesut Etam, Borneo FC, yang memiliki market value pemain mencapai 4,5 juta euro atau sekitar Rp70,2 miliar. Klub yang berbasis di Kota Samarinda itu memang memiliki banyak koleksi pemain mahal. Nama-nama seperti Stefano Lilipaly, Matheus Pato hingga Diego Michiels menjadi pemain yang mengisi slot mahal di Borneo FC.

Itulah sederet daftar tim sepakbola Indonesia terkaya musim 2022-2023. Kelimanya kini bersaing sengit di klasemen Liga 1 2022/2023.

Topik Menarik