Efek Kilat Shin Tae-yong dan Pelatih Asal Korsel di Sepak Bola Asia Tenggara

Efek Kilat Shin Tae-yong dan Pelatih Asal Korsel di Sepak Bola Asia Tenggara

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 15 Juni 2022 - 17:13
share

KUWAIT CITY Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) memberikan efek yang luar biasa kepada perkembangan sepak bola Asia Tenggara. Tiga tim ASEAN sukses lolos ke Piala Asia 2023 berkat bantuan pelatih asal Negeri Ginseng.

Tiga tim yang dimaksud adalah Timnas Indonesia, Malaysia, dan Vietnam. Vietnam yang dipimpin oleh Park Hang-seo sudah memastikan lebih dahulu lolos ke Piala Asia 2023 lewat Kualifikasi Terakhir Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Hal itu disebabkan mereka menempati posisi runner-up di babak kedua Kualifikasi Kedua Piala Asia 2023. Itu berarti, mereka tidak perlu melewati babak ketiga kualifikasi lagi.

Di sisi lain, Timnas Indonesia dan Malaysia harus berjuang melalui babak ketiga kualifikasi untuk merebut tiket ke putaran final Piala Asia 2023. Kedua negara itu sudah 15 tahun absen dari turnamen bergengsi Asia tersebut.

Terakhir kali Indonesia dan Malaysia tampil di Piala Asia adalah pada edisi 2007. Saat itu, kedua tim tersebut memiliki keistimewaan tampil di putaran final karena berstatus tuan rumah bersama dengan Thailand dan Vietnam.

Kini, kedua negara tersebut bakal kembali tampil di Piala Asia 2023. Mimpi itu terwujud berkat kepemimpinan pelatih asal Korea Selatan. Timnas Indonesia dipimpin oleh Shin Tae-yong sejak 2020 lalu.

Pria berusia 51 tahun itu membawa Timnas Indonesia finis sebagai runner up Grup A di ajang edisi kali ini. Skuad Garuda pun lolos melalui jalur runner up terbaik.

Di sisi lain, Malaysia juga dipimpin oleh pelatih asal Korea Selatan lainnya, Kim Pan-gon. Dia juga sukses membawa Harimau Malaya lolos ke Piala Asia tahun depan melalui jalur runner up terbaik.

Kehadiran pelatih asal Korea Selatan di tim Asia Tenggara memberikan warna baru bagi dunia sepak bola ASEAN. Tim-tim Asia Tenggara pun mulai bisa diperhitungkan oleh tim lainnya di Asia pada turnamen internasional.

Adapun kiprah tiga pelatih Korea Selatan itu diharapkan dapat terus berlanjut di masa mendatang. Dengan begitu, kita dapat melihat tim-tim ASEAN berkembang lebih jauh lagi.

Topik Menarik