Marc Klok dan Momen 3 Penalti Tak Terlupakan Bersama Timnas Indonesia

Marc Klok dan Momen 3 Penalti Tak Terlupakan Bersama Timnas Indonesia

Olahraga | BuddyKu | Kamis, 9 Juni 2022 - 19:13
share

SELAMA membela Timnas Indonesia, Marc Klok sudah merasakan 3 momen penalti tak terlupakan. Marc Klok merupakan salah satu pemain naturalisasi yang sangat ngebet ingin membela Timnas Indonesia.

Namun keinginan tersebut baru bisa terealisasi sejak membela Timnas Indonesia U-23 pada SEA Games 2021. Hasilnya pun lumayan, ia turut membantu skuad asuhan Shin Tae-yong sabet medali perunggu SEA Games 2021.

Teranyar, Marc Klok mengantarkan Timnas Indonesia raih kemenangan bersejarah atas Kuwait. Meski terbilang singkat baru membela Timnas Indonesia, tapi Klok sudah rasakan 3 momen penalti tak terlupakan, apa saja?

Nyaris Bikin Timnas Indonesia Tertinggal dari Timor Leste

Pertama, saat Klok nyaris bikin Timnas Indonesia U-23 tertinggal terlebih dulu dari Timor Leste. Kejadian itu terjadi pada laga kedua fase grup SEA Games 2021, tepatnya menit ke-2 laga berjalan.

Klok ketika itu melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti, padahal skor masih 0-0. Pelanggaran itu jelas menambah kritik yang mengarah padanya yang dianggap tampil buruk pada laga pertama Indonesia di SEA Games 2021.

Beruntung tendangan penalti Mouzinho masih bisa ditepis oleh kiper Ernando Ari. Tepisan Ernando itu ternyata membuat Klok setelah itu jadi bangkit untuk mengubah kritikan menjadi pujian.

Penentu Indonesia Raih Perunggu SEA Games 2021

Pujian itu akhirnya didapatkan Klok usai jadi penentu Timnas Indonesia U-23 raih medali perunggu SEA Games 2021. Ditunjuk jadi eksekutor terakhir dalam drama adu penalti lawan Malaysia di laga perebutan perunggu, Klok mampu tampil tenang.

Dengan dingin, Klok menunaikan tugasnya dengan baik sehingga Timnas Indonesia U-23 kalahkan Malaysia. Eksekusi penalti yang sempurna itu seakan jadi momen Klok melepas rasa leganya atas beban yang selama ini diterima.

Terutama setelah ia jadi penyebab penalti saat lawan Timor Leste. Keberhasilan eksekusi penalti lawan Malaysia juga akhirnya menambah kepercayaan diri Klok untuk laga-laga selanjutnya.

Penalti Krusial Lawan Kuwait

Seperti pada laga lawan Kuwait pada Kualifikasi Piala Asia 2023. Memasuki akhir babak pertama, Timnas Indonesia tertinggal 0-1 dari Kuwait, tapi dapat hadiah tendangan penalti setelah Rachmat Irianto dilanggar.

Klok yang maju sebagai eksekutor berhasil menunaikan tugasnya dengan baik sehingga membuat skor imbang 1-1. Gol perdana Klok untuk Timnas Indonesia itu sangatlah krusial karena jadi momen kebangkitan Timnas Indonesia untuk kalahkan Kuwait.

Meski karier Klok bela Timnas Indonesia belum ada setahun, tapi ia sudah merasakan banyak momen. Mulai dari sebabkan penalti untuk Timor Leste, hingga akhirnya ia jadi salah satu pahlawan kemenangan bersejarah Timnas Indonesia atas Kuwait.

Topik Menarik