Loading...
Loading…
Usai Inggris dan Spanyol, Portugal Juga Temukan Kasus Orang Terinfeksi Cacar Monyet

Usai Inggris dan Spanyol, Portugal Juga Temukan Kasus Orang Terinfeksi Cacar Monyet

Powered by BuddyKu
Olahraga | Inews | Kamis, 19 Mei 2022 - 13:57

LISABON, iNews.id Pemerintah Portugal pada Rabu (18/5/2022) menyatakan telah mengidentifikasi lima kasus infeksi cacar monyet langka. Sementara itu, layanan kesehatan Spanyol juga sedang menguji 23 dugaan kasus serupa setelah Inggris membuat Eropa waspada terhadap wabah tersebut.

Menurut otoritas kesehatan Portugal, lima pasien dari 20 kasus suspek yang ditemukan di negara itu semuanya dalam kondisi stabil. Mereka semua adalah laki-laki dan tinggal di daerah Lisabon dan Tagus Valley.

Otoritas kesehatan Eropa sedang memantau setiap wabah penyakit setelah Inggris melaporkan kasus cacar monyet pertama pada 7 Mei dan menemukan enam kasus tambahan di negara tersebut.

Beberapa hari setelahnya, Spanyol mengeluarkan peringatan dini yang menyebutkan ada delapan kasus suspek cacar monyet yang sedang dalam pemeriksaan. Angka itu naik menjadi 23 kasus tadi malam, ungkap otoritas daerah Madrid lewat pernyataan resminya. Semua kasus masih belum terkonfirmasi.

Empat dari kasus yang ditemukan di Inggris diidap oleh gay, biseksual, atau pria lain yang berhubungan seks dengan pria lain, ungkap Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA). Menurut badan itu, bukti yang didapat sampai sejauh ini menunjukkan kemungkinan untuk terjadinya penularan di masyarakat.

Baca Juga :
Usai Serang Inggris, Wabah Cacar Monyet Kini Masuk Spanyol

Penyakit cacar monyet, atau dalam Bahasa Inggris disebut monkeypox , ditularkan melalui kontak fisik langsung dan tetesan udara. Virus itu terutama menyebar di Afrika Tengah dan Barat. Masa inkubasi cacar monyet biasanya berlangsung dari 6 hingga 13 hari, dan dapat bertahan hingga 21 hari.

Beberapa gejala cacar monyet antara lain berupa demam, nyeri punggung dan otot, serta ruam pada tubuh.

Cacar monyet adalah infeksi virus langka. Gejalanya mirip dengan cacar pada manusia ( smallpox )yang telah diberantas pada 1980.

Cacar monyet jauh lebih ringan dari cacar manusia dan sebagian besar penderitanya sembuh dalam beberapa pekan. Kendati demikian, kasus langka penyakit tersebut bisa berakibat fatal.

Original Source

Topik Menarik