SEA Games 2021: Sabet Emas dari Pencak Silat, Riska Hermawan Ikuti Jejak Ayah

SEA Games 2021: Sabet Emas dari Pencak Silat, Riska Hermawan Ikuti Jejak Ayah

Olahraga | skor.id | Rabu, 11 Mei 2022 - 19:15
share

SKOR.id - Riska Hermawan dan Ririn Rinasih sukses menyumbangkan emas ketiga untuk Kontingen Indonesia di SEA Games 2021.

Tampil di Bac Tue Liem Sporting Hall, Hanoi, Rabu (11/5/2022), mereka menang atas Nguyen Thi Thu Ha/Nguyen Thi Huyen.

Turun di final beregu putri nomor seni, Riska/Ririn mencatatkan poin 9,955. Unggul dari Vietnam yang menorehkan 9,925 poin.

Medali emas yang diraih pasangan ini sekaligus menjadi yang pertama dari cabang olahraga (cabor) pencak silat di SEA Games 2021.

Tak sekadar jadi pembuka pundi-pundi emas Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), raihan ini sangat spesial untuk Riska Hermawan.

Dengan menjejak podium tertinggi, dirinya berhasil memenuhi harapan untuk melanjutkan tradisiemas dalam keluarganya.

Sebagai informasi, Riska merupakan putri Cece Hermawan, eks atlet pencak silat nasional yang meraih emas SEA Games 1997.

Cece Hermawanberpasangan dengan sang adik, Ruchyat Sudrajat. Nomornya pun sama seperti buah hatinya,yakni beregu seni.

"Terima kasih buat seluruh rakyat Indonesia. Medali emas ini saya persembahkan khusus untuk ayah yang juga juara SEA Games 1997."

"Juga untuk paman dan perguruan aku, hingga kabupaten Majalengka, Jawa Barat," Riska Hermawan menambahkan.

Riska/Ririn menjaga wajah pencak silat Indonesia yang sejak awal digadang sebagai pundi medali emas Indonesia di SEA Games 2021.

Terkait hal ini, Riska pun mengaku mendapat motivasi tambahan dari Puspa Arum Sari yang harus puas dengan raihan medali perak.

"Alhamdulillah saya lebih rileks dibanding sebelumnya karena SEA Games sebelumnya sempat down pas lawan Singapura. Sekarang, lawan tuan rumah, lebih rileks."

"Saya tidak down (dengan hasil teman-teman lain), hanya sedikit gugup. Tapi, Puspa yakinin aku untuk tampil maksimal. Dia bilang kita sudah latihan setiap hari jadi harus tunjukkan hasilnya," imbuh Riska.

Medali emas ini juga memperbaiki pencapaian Riska/Ririn pada SEA Games 2019 di Filipina. Kala itu, mereka hanya meraih perunggu.

SEA Games 2021: CdM Indonesia Sambut Gembira Emas Pembuka dari Dayung dan Pencak Silat

&
Topik Menarik