Andalkan Darah Muda, PBSI Umumkan Skuad Bulu Tangkis untuk SEA Games

Andalkan Darah Muda, PBSI Umumkan Skuad Bulu Tangkis untuk SEA Games

Olahraga | sindonews | Senin, 4 April 2022 - 13:00
share

JAKARTA - PBSI telah mengumumkan wakil yang akan berlaga di ajang SEA Games 2021 pada 12-23 Mei 2022 di Hanoi, Vietnam. Dari 20 pebulu tangkis, tim Merah-Putih mengandalkan darah muda yang mayoritas pernah meramaikan Kejuaraan Beregu Asia 2022.

Pada SEA Games 2021, bulu tangkis bakal memainkan tujuh nomor. Dua nomor adalah kategori beregu putra dan putri, yang dihelat pada 16-18 Mei 2022.

Sementara lima nomor lainnya kategori individu, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran, yang digelar pada 19-22 mei 2022.

Untuk tim putra, sejumlah bintang muda mendapat kepercayaan, seperti Chicho Aura Dwi Wardoyo dan Christian Adinata yang turun di nomor tunggal.

Di ganda putra, dua pasangan muda andalan, yakni Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dipastikan ikut berpartisipasi.

Di tim putri, Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani bakal menjadi jagoan di nomor tunggal. Sementara di nomor ganda, ada pemain muda yang sudah punya jam terbang tinggi yakni Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto dan Apriyani Rahayu.

Kabid Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, mengungkapkan nama-nama muda di tim putra yang terpilih adalah wakil terbaik yang dimiliki Indonesia.

"Tim putra terlepas dari tim inti yang akan ke Piala Thomas, tim SEA Games ini juga adalah tim terbaik yang kita punya. Mereka kebanyakan adalah alumni Kejuaraan Asia Beregu kemarin dan bisa masuk ke final," kata Rionny dikutip dari rilis PBSI.

Sebab, sejumlah pemain senior akan tampil di Piala Thomas 2022 yang jadwalnya berdekatan dengan penyelenggaraan SEA Games 2021. Jadi harus ada rotasi.

"Chico dan Christian juga performanya sedang menanjak. Jadi mereka saya harap menjadi motor tim putra. Selain itu ada Leo/Daniel dan Pramudya/Yeremia juga," imbuhnya.

"Sedangkan di tim putri kita turunkan full team, kekuatan terbaik. Tapi ini bukan berarti nanti di tim Uber kita kirim pemain kelas dua tapi pemain muda yang sudah siap bersaing di level atas," tuturnya.

Daftar Pebulu Tangkis Indonesia di SEA Games 2021:

Tim Putra:

1. Chico Aura Dwi Wardoyo

2. Christian Adinata

3. Bobby Setiabudi

4. Yonathan Ramlie

5. Pramudya Kusumawardana

6. Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

7. Leo Rolly Carnando

8. Daniel Marthin

9. Rinov Rivaldy

10. Adnan Maulana

Tim Putri:

1. Gregoria Mariska Tunjung

2. Putri Kusuma Wardani

3. Saifi Rizka Nurhidayah

4. Stephanie Widjaja

5. Apriyani Rahayu

6. Siti Fadia Silva Ramadhanti

7. Ribka Sugiarto

8. Febby Valencia Dwijayanti Gani

9. Pitha Haningtyas Mentari

10. Mychelle Crhystine Bandaso

Berikut susunan pemain Indonesia cabang bulutangkis di SEA Games 2021.#BadmintonIndonesia #SeaGames2021 pic.twitter.com/QJgHrvVTMe

BADMINTON INDONESIA (@INABadminton) April 4, 2022
Topik Menarik