Kurangi Potensi Trek Kotor, MGPA Punya Opsi Buka Sirkuit Mandalika untuk Umum

Kurangi Potensi Trek Kotor, MGPA Punya Opsi Buka Sirkuit Mandalika untuk Umum

Olahraga | skor.id | Kamis, 17 Februari 2022 - 20:20
share

SKOR.id - Promotor MotoGP Indonesia, Mandalika Grand Prix Associaton (MGPA), telah sukses menggelar tes pramusim MotoGP 2022 pada akhir pekan lalu.

Para pembalap MotoGP terlihat antusias mengikuti tes yang digelar selama tiga hari tersebut, sembari mengagumi keindahan alam sekitar Mandalika.

Namun, Tes Mandalika bukannya tanpa kendala. Seperti diketahui, sesi tes hari pertama, Jumat (11/2/2022), sempat dihentikan akibat kondisi trek yang kotor.

Para pembalap pun mengeluh terlalu banyak pasir dan kerikil di lintasan sehingga gagal mencatat waktu lap terbaik.

Bahkan, ITDC mencatat kecepatan tertinggi pada sesi pagi hari pertama hanya 285 km/jam, jauh dari kisaran 314 km/jam yang menjadi patokan.

Pihak MGPA pun turun tangan untuk membersihkannya dalam waktu singkat. Hal ini tentunya menjadi evaluasi Dorna dan FIM selaku pihak otoritas MotoGP.

Agar peristiwa serupa tidak terjadi saat digunakan menggelar MotoGP Indonesia 2022 pada Maret nanti, MGPA telah menyiapkan strategi khusus.

Mereka menyiapkan beberapa metode untuk membersihkan lintasan sepanjang 4,3 km tersebut sehingga pembalap nyaman dan aman saat membalap di sana.

Salah satunya adalah dengan menggelar track day , di mana pihak luar boleh menggunakan Sirkuit Mandalika dengan syarat tertentu. Namun, ini adalah opsi terakhir.

Pasalnya, saat ini sirkuit masih ditutup untuk perbaikan. MGPA juga akan berfokus untuk membersihkan sirkuit.

"Itu ( track day ) adalah cara paling mudah untuk membersihkan sirkuit,"ujar Priandhi Satria, Dirut MGPA, dikutip dari Motorsport .

"Namun, dengan jadwal yang diajukan pihak pengembang, maka sirkuit ditutup hingga selesai pengerjaan ( resurfacing )."

"Mungkin setelah pengerjaan selesai, kami akan rutin melakukan pembersihan lintasan baik dengan track sweeper atau menggunakan karet," katanya.

"Trek ini tidak akan ditutup ke depannya, diusahakan jadi trek umum di mana kita berharap bisa melaksanakan berbagai kegiatan."

"Misalnya, orang yang bawa kendaraan ingin mencoba kendaraan di situ. Tentunya, juga memfasilitasi kejuaraan daerah maupun kejuaraan nasional," tutur Andhi.

Sementara itu, Novel Arsyad selaku Direktur utama PT Pembangunan Perumahan telah menjamin tersedianya perangkat pembersih.

"Kami punya alat pembersih lain agar prosesnya bisa dilakukan secara rutin, setidaknya sampai menjelang MotoGP," tuturnya memungkasi.

MotoGP Indonesia 2022 rencananya digelar pada 18-20 Maret mendatang sebagai seri kedua rangkaian MotoGP musim ini.

Sebelumnya, para pembalap akan melakoni balapan pembuka di Sirkuit Losail, Qatar, pada 4-6 Maret 2022.

Trek Sirkuit Mandalika Berdebu saat Tes Pramusim MotoGP 2022, Begini Penjelasan ITDC

Masih Ada Kekurangan, MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika Tetap Sesuai Jadwal

&

Topik Menarik