Loading...
Loading…
Sprint Race Resmi Digelar di 3 GP pada F1 2022, Ini Aturan Barunya

Sprint Race Resmi Digelar di 3 GP pada F1 2022, Ini Aturan Barunya

Olahraga | skor.id | Selasa, 15 Februari 2022 - 11:15

SKOR.id - Format sprint race yang mulai diperkenalkan F1 pada musim lalu dipastikan berlanjut pada musim ini.

Sama seperti F1 2021, format anyar ini akan dipakai pada tiga balapan F1 2022.

Adapun tiga GP yang berkesempatan menggelar sprint race tahun ini adalah GP Emilia Romagna, GP Austria, dan GP Brasil.

Seperti diketahui, sprint race yang diperkenalkan pada F1 2021 menempuh jarak lomba sekitar 100km dan berlangsung antara 25 sampai 30 menit.

Hasil sprint race yang digelar pada hari kedua ini lantas dijadikan penentu posisi grid pada balapan utama.

Setelah pembicaraan panjang dengan semua pemangku kepentingan, termasuk FIA dan seluruh perwakilan tim, sprint race diputuskan tetap digelar pada musim ini dengan sedikit perubahan aturan.

Jika pada tahun lalu hanya tiga pembalap teratas sprint race yang mendapat poin, musim ini delapan pembalap tercepat akan diberi poin tambahan.

Poin yang diperebutkan pun lebih banyak. Pembalap tercepat akan mendapat 8 poin, P2 berhak atas 7 poin, begitu seterusnya hingga P8 mendapat 1 poin.

Perubahan juga terjadi pada pembalap pencetak waktu tercepat di kualifikasi, yang akan digelar pada Jumat jika Grand Prix tersebut menggelar sprint race .

Tahun ini, pembalap tercepat di kualifikasi berhak disebut peraih pole position . Tahun lalu, hanya pemenang sprint race yang disebut peraih pole.

Berkat keputusan ini, akan ada tambahan tiga pole position yang diperebutkan musim ini, yang akan berdampak cukup signifikan untuk statistik.

Pada akhir pekan F1 2022 yang menggelar sprint race , kualifikasi tetap akan menentukan grid start untuk Sprint Race yang digelar Sabtu.

Hasil sprint race ini juga masih akan menjadi penentu untuk posisi start pada balapan utama Minggu.

"Setelah meninjau ulang tiga Sprint tahun 2021 lalu dan menilai format tersebut menguntungkan untuk F1, maka tiga sprint race akan kembali digelar pada 2022, demikian pernyataan resmi FIA pada Senin (14/2/2022) malam WIB.

"Jumlah balapan sprint race pada 2022 itu masih relevan jika melihat tekanan yang dihadapi tim-tim pada musim depan seiring dengan perubahan besar pada regulasi."

"Komisi F1 dengan suara bulat menyetujui tiga sprint race ini untuk musim 2022, dengan sejumlah pembaruan format berdasarkan masukan dari penggemar, media, dan tim."

Eks Pembalap F1: George Russel Tak Lebih Baik daripada Valtteri Bottas

Helmut Marko Akui Max Verstappen Makin Mendewasa di F1

&
Original Source

Topik Menarik