Media Vietnam Kaget Shin Tae-yong Dikritik Haruna Soemitro walau Tampil Menawan di Piala AFF

Media Vietnam Kaget Shin Tae-yong Dikritik Haruna Soemitro walau Tampil Menawan di Piala AFF

Olahraga | inewsid | Kamis, 20 Januari 2022 - 05:00
share

HANOI, iNews.id- Media Vietnam kaget mendengar pelatih Indonesia Shin Tae-yong kena kritik pedas Exco PSSI Haruna Soemitro. Padahal, media Soha.vn itu menilai Shin Tae-yong sudah membawa Indonesia lebih baik dari Vietnam di Piala AFF 2020.

Media itu menuliskan artikel berjudul \'Bantu Indonesia mengungguli Vietnam, Rekan Senegara Park Hang-seo Malah Menerima Kritik\'. Artikel itu dimuat tanggal 17 Januari 2022.

Vietnam merupakan juara bertahan saat gelaran Piala AFF 2020. Menurut media itu, torehan yang diukir Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 sudah luar biasa mengingat skuad Indonesia diisi pemain muda.

Haruna Soemitro melontarkan kritik tajam kepada Shin Tae-yong pada semua acara podcast. Dia menilai Shin Tae-yong sama saja seperti pelatih-pelatih lain yang hanya bisa membawa Timnas Indonesia finis runner-up di Piala AFF.

Karena itu, Haruna Soemitro menyebut buat apa menggunakan Shin Tae-yong jika hasil yang didapat Timnas Indonesia di Piala AFF sama seperti edisi terdahulu. Selain itu, Haruna Soemitro juga mengkritik kata \'proses\' yang kerap didengungkan Shin Tae-yong.

Dalam pandangan Haruna Soemitro, di sepakbola yang dilihat adalah hasil bukan proses. Hanya saja, kritikan yang dilontarkan Haruna Soemitro bak bumerang baginya.

Pencinta sepak bola Indonesia mati-matian membela Shin Tae-yong. Mereka langsung mengeluarkan hashtag #SaveSTY dan #HarunaOut.

Tak hanya di media sosial, pencinta sepakbola Tanah Air juga melayangkan protes dengan turun ke jalan. Mereka menaruh spanduk yang berisikan dukungan kepada Shin Tae-yong dan meminta PSSI untuk memberhentikan Haruna Soemitro.

Banyak pihak menilai kritikan yang dilancarkan Haruna Soemitro datang di momen yang tidak tepat. Sebab, Shin Tae-yong sedang mempersiapkan tim untuk Piala AFF U-23 2022, sehingga membutuhkan fokus maksimal.

Ditakutkan dengan adanya masalah di atas, fokus Shin Tae-yong terpecah dan persiapan Timnas Indonesi jadi tak maksimal. Sekadar informasi, Piala AFF U-23 2022 digelar di Kamboja pada 14-26 Februari 2022.

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup B bersama Malaysia, Myanmar dan Laos. Hanya juara grup yang diizinkan lolos otomatis ke semifinal Piala AFF U-23 2022.

Topik Menarik