Kisah Perjuangan Komang Ayu Jalani Kuliah Jurusan Hukum di Tengah Kesibukkan sebagai Atlet

Kisah Perjuangan Komang Ayu Jalani Kuliah Jurusan Hukum di Tengah Kesibukkan sebagai Atlet

Terkini | okezone | Jum'at, 10 Mei 2024 - 21:00
share

JAKARTA - Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi ternyata tengah menempuh pendidikan kuliah dengan mengambil jurusan hukum. Tentu ia upayanya di dunia pendidikan tidaklah mudah mengingat Komang Ayu merupakan atlet bulu tangkis profesional.

Saat ini, pemain berusia 21 tahun itu tercatat sebagai mahasiswa jurusan hukum di Universitas Terbuka. Dimulai sejak 2021, Komang kini sudah memasuki semester enam.

Alasan Komang memilih jurusan hukum karena ini menjadi satu-satunya jurusan yang ia minati dengan berbagai pilihan. Terlebih ia hanya bisa kuliah dengan jalur online karena harus membagi waktunya sebagai atlet.

"Iya (kuliah di jurusan hukum). Alasannya karena jurusan lainnya saya tidak tertarik. Itu juga dipilih mama saya. Waktu itu tidak ada pilihan jurusan lain yang saya suka, jadi saya pikir kayaknya hukum masih oke," kata Komang di Pelatnas PBSI, Cipayung.

"Mungkin tadinya mau hubungan internasional. Cuma kadang tuh prospek kerja hubungan internasional itu tidak sebisa hukum. Terus untuk di UT sendiri hubungan internasional juga belum ada. Dan saya sangat perlu sama yang namanya kuliah online. Karena sangat terbantu," lanjutnya.

Tak hanya sekadar sebagai sampingan, Komang menjadikan pendidikan sebagai yang utama seperti atlet. Gadis Bali itu bahkan rela mengerjakan tugas kuliahnya seusai latihan bulu tangkis demi gelar Sarjana Hukum. Akan tetapi, Komang mengakui hal itu tidak mudah untuk dijalani.

"Pertama, pastinya sulit banget ya. Kadang jujur aja nih saya sampai nangis-nangis kalau misalnya lagi mau pertandingan terus tugasnya numpuk gitu ya kan. Tapi ya, kadang saya dapat dispensasi juga gitu, semacam keringanan gitu sih," lanjut Komang.

Topik Menarik