3 Bahasa Resmi di Guinea

3 Bahasa Resmi di Guinea

Global | okezone | Rabu, 8 Mei 2024 - 17:35
share

CONAKRY - Guinea yang memiliki sebutan resmi Republik Guinea merupakan sebuah negara pesisir di Afrika Barat . Melansir Wikipedia, Guinea terkadang disebut sebagai Guinea-Conakry, mengingat ibu kotanya adalah Conakry dan untuk membedakan dari wilayah lain seperti Guinea-Bissau dan Guinea Khatulistiwa.

Guinea memiliki luas wilayah 245.857 kilometer persegi yang berbatasan dengan Samudera Atlantik di barat, Guinea-Bissau di barat laut, Senegal di utara, Mali di timur laut, Pantai Gading di tenggara, serta Sierra Leone dan Liberia di selatan.

Jumlah penduduk Guinea yang totalnya hingga 14 juta jiwa dan tentu berbicara dalam berbagai bahasa yang beragam. Melansir World Atlas, Republik Guinea memiliki lanskap linguistik yang beragam dengan lebih dari 40 bahasa digunakan di seluruh negeri.

Berikut 3 bahasa resmi yang digunakan di Guinea dilansir berbagai sumber:

1. Bahasa Prancis

Bahasa Prancis di Guinea menjadi bahasa resmi sebagai warisan dari pemerintahan kolonial dahulu. Penduduk Guinea sering menggunakan bahasa Prancis dalam bisnis, sekolah, pemerintahan, administrasi, dan media. Walaupun dikatakan sebagai bahasa resmi, namun hanya sebagian kecil populasi yang menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa pertama dan hanya 15 hingga 25 populasi yang menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa kedua.

Topik Menarik