Menperin Bicara Peluang dan Tantangan Industri Gas di Indonesia

Menperin Bicara Peluang dan Tantangan Industri Gas di Indonesia

Terkini | okezone | Rabu, 8 Mei 2024 - 11:33
share

JAKARTA - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita membeberkan peluang dan tantangan yang dihadapi produsen industri gas Indonesia. Menurutnya, dua hal itu harus dihadapi dengan semangat optimisme.

Menperin mengimbau agar seluruh industri yang tergabung dalam Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII) sebagai wadah produsen gas industri untuk dapat terus mengembangkan diri menyongsong peluang.

Dia mengatakan, peluang yang terbuka lebar tersebut tidak terlepas dari adanya tuntutan atas penyediaan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan sebagai bagian dari komitmen dekarbonisasi sektor industri.

"Ini merupakan peluang sekaligus tantangan yang wajib kita hadapi bersama dengan semangat optimisme. Munculnya hidrogen sebagai alternatif bahan bakar yang ramah lingkungan perlu diantisipasi sebagai peluang pengembangan industri gas industri ke depan, ujarnya, dikutip Rabu (8/5/2024).

Agus menjelaskan, beberapa tantangan bagi produsen gas industri ke depan adalah kesiapan teknologi dan infrastruktur yang perlu ditingkatkan untuk membentuk dan mematangkan pasar dalam negeri, serta meningkatkan efisiensi proses agar dapat berdaya saing menembus pangsa ekspor.

Topik Menarik