Ingat! Parkir di Minimarket Gratis, Tukang Parkir Liar Ditertibkan

Ingat! Parkir di Minimarket Gratis, Tukang Parkir Liar Ditertibkan

Terkini | okezone | Rabu, 8 Mei 2024 - 11:39
share

JAKARTA - Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta buka suara soal aturan parkir di minimarket. Secara aturan, parkir di minimarket seperti di Indomaret atau Alfamart gratis.

Dari pihak pengelola minimarket memang selama ini juga sudah memberikan pengumuman bahwa parkir di minimarket adalah gratis.

"Jadi memang pengelola tidak diperbolehkan memungut. tapi memang ada oknum-oknum yang mencoba memanfaatkan karena memang free mereka mencoba mengatur dan tentu di dalamnya ada," jelas Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balaikota DKI Jakarta pada Kamis 2 Mei 2024.

Hal ini menanggapi keluhan warga dan netizen terkait juru parkir liar yang memaksa meminta uang parkir di lokasi minimarket yang seharusnya gratis.

"Jadi terkait dengan parkir di mini market sebagaimana regulasi kita, di sana itu parkirnya free atau gratis," ujar Syafrin Liputo.

PJ Gubernur Jakarta Minta Satpol PP dan Dishub Tertibkan Jukir Liar di Minimarket

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono sudah meminta Satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk menertibkan juru parkir liar yang memaksa meminta uang parkir di minimarket.

"Jadi saya sudah minta trantib (Satpol PP) sama Dinas Perhubungan untuk itu ditertibkan juru parkir liar. sudah mulai operasi dari kemarin. untuk tidak meresahkan masyarakat," ujar Heru Budi di Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2024).

Heru menyebutkan di setiap minimarket ada tulisan yang menyebutkan parkir gratis namun masih ada juru parkir maka tidak ada boleh paksaan terhadap warga yang hendak berbelanja dan memarkirkan kendaraannya.

"Ya kalau di minimarket kan ada tulisan gratis, ya jangan memaksa, jangan bikin warga itu resah. Mulai kemarin sudah saya perintahkan Trantib dan Dinas Perhubungan," katanya.

Topik Menarik