BNPB Bakal Rehabilitasi dan Rekontruksi Rumah Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang

BNPB Bakal Rehabilitasi dan Rekontruksi Rumah Warga Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Nasional | okezone | Sabtu, 4 Mei 2024 - 19:06
share

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto memastikan Pemerintah akan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi bagi warga yang rumahnya terdampak erupsi Gunungapi Ruang.

Hal ini disampaikan disela kunjungannya ke lokasi pengungsian warga di Pulau Siau, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Sitaro pada Sabtu (4/5/2024).

Pernyataan ini sekaligus menjawab aspirasi salah seorang warga yang menyampaikan keresahannya karena rumah mereka rusak parah setelah dihujani batu vulkanik saat terjadi erupsi Gunungapi Ruang sehingga tidak mungkin lagi ditempati.

“Yang menjadi kekhawatiran kami, Pak. Kalau erupsi ini selesai, kami mau pulang ke mana, pak? Karena semua atap rumah kami rusak dan tidak bisa lagi ditempati,” ungkap seorang warga.

Kepala BNPB menyampaikan bahwa pemerintah melalui BNPB akan terus mendampingi masyarakat terdampak bencana. Tidak hanya pada masa tanggap darurat saja, namun BNPB bersama pemerintah akan terus menyertai hingga pascabencana melalui program rehabilitasi dan rekonstruksi.

Topik Menarik