Sri Mulyani Pede Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5 pada Kuartal I-2024

Sri Mulyani Pede Ekonomi RI Tumbuh di Atas 5 pada Kuartal I-2024

Terkini | okezone | Sabtu, 4 Mei 2024 - 11:15
share

JAKARTA - Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) optimis pertumbuhan ekonomi tetap tumbuh kuat di tengah ketidakpastian global. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memproyeksikan pertumbuhan ekonomi di atas 5 pada triwulan I-2024.

Hal tersebut diungkap Sri Mulyani dalam paparan hasil rapat triwulanan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), secara virtual, Jumat, 3 Mei. Dimana, KSSK terdiri dari Menteri Keuangan, BI, OJK, dan LPS.

"Pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2024 diperkirakan akan tetap berada di atas 5 persen dan dibandingkan kuartal IV-2023," jelasnya dalam Konferensi Pers KSSK, Jumat (3/5/2024).

Ketua KSSK ini mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tersebut akan didorong dengan permintaan dalam negeri yang menguat. Baik dari sisi konsumsi pemerintah maupun konsumsi rumah tangga.

Dari sisi konsumsi pemerintah, lanjutnya, pemerintah telah melakukan sejumlah belanja yang bersifat front loading atau dikeluarkan terlebih dahulu. Seperti, pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) ASN yang diberikan 100 persen.

Ini memberikan dukungan pada belanja pemerintah yang memperkuat belanja masyarakat atau daya beli masyarakat, imbuhnya.

Topik Menarik