Kisah Rizal, Bocah 13 Tahun yang Mengais Rezeki dari Membersihkan Makam

Kisah Rizal, Bocah 13 Tahun yang Mengais Rezeki dari Membersihkan Makam

Terkini | okezone | Jum'at, 3 Mei 2024 - 12:01
share

TUGAS seorang anak adalah bermain dan belajar. Sayangnya, tidak semua anak bisa mendapatkan pendidikan sekolah yang layak demi bisa menimba ilmu dan menjadi bekal untuk bersaing di dunia kerja.

Contoh saja Rizal (13), bocah kecil ini harus merasakan lelahnya banting tulang demi seupah Rupiah di tangan. Rizal adalah bocah laki-laku yang sehari-hari membersihkan makam di TPU, Datuk Merah, Batu Ampar, Condet, Jakarta Timur. Pekerjaan ini sudah dilakukan Rizal sejak lama untuk memenuhi kebutuhan sekolahnya.

Saat ditemui di lokasi, Rizal tengah duduk di pinggir jakan setapak TPU tersebut dengan wajah yang lelah. Ia pun sudah membawa gunting serta alat bersih-bersih lainnya untuk merapikan makam

“Sudah lama jadi tukang bersih-bersih makam. Pulang sekolah setiap hari ke sini,” ungkap Rizal saat ditemui MNC Portal Indonesia.

Rizal merupakan murid kelas 3 SD di salah satu Sekolah Dasar di Batu Ampar, Condet, Jakarta Timur. Rizal mengaku telat bersekolah di usianya yang kini sudah menginjak 13 tahun. Ia mengatakan hal itu lantaran dirinya telat membuat akte kelahiran sehingga telat bersekolah.

Meski harus telat daftar sekolah, Rizal tak patah semangat. Alih-alih jadi malas bersekolah, Rizal justru semakin bersemangat untuk mengenyam pendidikan.

Salah satu alasan dirinya menjadi petugas bersih-bersih makam adalah untuk membantu memenuhi peralatan dan kebutuhan sekolahnya. Saat anak-anak bermain atau istirahat sepulang sekolah, Rizal justru mendatangi TPU ini untuk mengais rezeki.

Tak jarang, Rizal justru kehilangan waktu mainnya bersama teman-teman karena harus mencari tamvahan untuk kebutuhan sekolahnya. Rizal seolah memahami profesi kedua orangtuanya yang hanya bekerja sebagai buruh bangunan dan ibu rumah tangga.

“Lagi nabung, uangnya mau buat beli HP buat nanti kelas 4,” ungkap Rizal.

“Sebelumnya udah punya tabungan Rp600 rb tapi dipakai sama keluarga buat kebutuhan,” sambungnya.

Topik Menarik