Pekerja Migran Indonesia di Berlin Beri Masukan dan Aspirasi untuk Calon PMI

Pekerja Migran Indonesia di Berlin Beri Masukan dan Aspirasi untuk Calon PMI

Global | okezone | Kamis, 2 Mei 2024 - 16:40
share

BERLIN – Banyak aspirasi dan masukan yang diberikan para pekerja migran Indonesia (PMI) di Berlin, Jerman saat bertemu dengan Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani.

Benny bertemu dengan tiga PMI yang bekerja di sektor tenaga kesehatan termasuk perawat. Mereka berangkat melalui skema Triple Win (G to G) yang telah berada di Jerman.

Dalam pertemuan tersebut, Benny meminta para pahlawan devisa itu menyampaikan aspirasinya. Hasilnya, ada cukup banyak masukan dari para PMI yang hadir dalam pertemuan tersebut. ”Apa yang menjadi aspirasi mereka akan kami fasilitasi,” kata Benny di Backerei Cafe Schnell - Nurnberger Berlin, pada Rabu (1/5/2024).

Benny mengungkapkan, saat ini para PMI ini belum ditempatkan untuk bekerja karena harus mengambil sertifikasi bahasa level B2 agar setelah lulus mereka bisa segera bekerja.

Selama proses sekolah bahasa ini, mereka tetap menerima gaji standar Jerman sebesar 2300 euro atau sekitar Rp39 juta per bulan. Setelah mereka bekerja mereka akan mendapatkan gaji 3000 euro atau sekitar Rp52 juta per bulan. Setelah 1 minggu tiba di Jerman, didampingi oleh pihak GIZ, mereka langsung mendapatkan asuransi kesehatan dan kartu transportasi lokal seperti bis, kereta api, MRT, LRT.

Benny mengatakan, BP2MI mempunyai keinginan dan mimpi dapat membangun Indonesia Migran Center yang menjadi pusat pelatihan untuk mempersiapkan keberangkatan para PMI. Semua pelatihan ini dilakukan serba gratis.

Topik Menarik