Pemprov Jawa Barat Kembali Gelar Event Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-38

Pemprov Jawa Barat Kembali Gelar Event Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-38

Terkini | okezone | Selasa, 30 April 2024 - 17:24
share

Bekasi-Provinsi Jawa Barat kembali menggelar event Musabaqoh Tilawatil Qur’an(MTQ) untuk yang ke 38 kalinya. Di tahun ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempercayakan Kabupaten Bekasi sebagai tuan rumah penyelenggara.

Gelaran tersebut dibuka melalui Pawai Ta’aruf oleh para kafilah dari 18 kabupaten dan 9 kota di Jawa Barat, yang dilaksanakan di area danau Central Park Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Ribuan warga baik dari wilayah sekitar maupun tamu dari berbagai daerah tumpah memeriahkan pawai perkenalan ini.

Masyarakat yang datang sebagai pengunjung pun disuguhkan beragam kreasi seni dan budaya khas dari 18 daerah peserta MTQ ke 38 Jawa Barat. Seperti boneka maskot MTQ yang dibawa oleh kontingen dariKabupaten Karawang, kuda ronggeng khas kontingen Kabupaten  Sumedang, dan ondel-ondel disertai atraksi odong-odong dari Kabupaten Bekasi.

 BACA JUGA:

 Masing-masing peserta juga memperkenalkan makanan khas daerahnya, antara lain dodol yang dibawa peserta dari Kabupaten Garut hingga buahnenas dari peserta asal Kabupaten Subang.

Sementara guna memperkenalkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat Pemerintah Kabupaten Bekasi sebagai tuan rumah juga menggelar bazaar produk UMK, di halaman kantor Pemkab Bekasi.

Selain dikenal sebagai kota industri, Kabupaten Bekasi juga memilikiproduk UMK yang layak bersaing. Pemkab Bekasi pun bangga bisa menjadi tuan rumah gelaran besar tersebut.

Pada puncak pembukaan, Pemprov Jabar bersama Pemkab Bekasi menggelar panggung akbar di halaman kantor Pemkab Bekasi yang dihadiri ribuan warga baik lokal maupun luar daerah.

MTQ ke 38 Jabar ini dibuka oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat, BeyTriadi Machmudin dengan tanda pemukulan beduk, bersama Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an Provinsi Jabar Dodo Suhendar,Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jabar Ajam Mustajam.

PJ Gubernur Jabar Bey Machmudin pun memuji penyelenggaraan pembukaan MTQ 2024 ini. Ia menyebut penyelenggaraan pembukaan event Minggu malam itu sudah bertaraf nasional, meski nyatanya hanya tingkat provinsi.

“Sebenarnya levelnya sudah tingkat nasional penyelenggaraannya, sudah sangat baik sangat meriah,” ujar Bey Machmudin.

Dengan berkumpulnya putra puteri daerah Jawa Barat pada perlombaan MTQ ini, Bey mengharapkan persatuan dan kesatuan umat semakin erat. Bey yakin rangkaian acara berjalan lancar dari awal sampai akhir, danmembawa banyak manfaat.

"Tentu kita yakin bahwa MTQ juga akan berjalan dengan baik, danbermanfaat bagi masyarakat," kata Bey.

Perhelatan MTQ ke-38 Jabar digelar selama tujuh hari mulai 28 April sampai tanggal 4 mei 2024.

Event ini memperlombakan sembilan kategori baik dewasa maupun anak,yakni:

1. Tilawah Al-Qur'an

2. Murottal Al-Qur’an

3. Qiro’at sab’ah

4. Tahfidz Qur’an

5. Syarhil Qur’an

6. Fahmil Qur’an

7. Tafsir Al-Qur’an

8. Khot/kaligrafi Al-Qur’an

9. Makalah ilmiah Al-Qur’an

 Dengan diselenggarakannya MTQ ini diharapkan umat islam di tanah air dapat memperkaya pengalaman keagamaan, memperdalam pemahaman,serta memperkuat ikatan spiritual dengan sang pencipta.

Pembukaan MTQ ke 38 Jabar ditutup dengan penampilan dari band papanatas Gigi yang berhasil menyempurnakan kemeriahan.

Topik Menarik