Rekomendasi Menu MPASI untuk Membantu Kenaikan Berat Badan Bayi

Rekomendasi Menu MPASI untuk Membantu Kenaikan Berat Badan Bayi

Gaya Hidup | okezone | Senin, 29 April 2024 - 17:19
share

SAAT Si Kecil memasuki tahap mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI), penting bagi Moms dan Dads untuk memilih makanan yang tepat. Salah satu tantangan yang sering dihadapi orang tua saat masa MPASI adalah mengatasi masalah kenaikan berat badan yang lambat pada Si Kecil.

Dalam upaya mengatasi hal tersebut, menu MPASI yang dipilih haruslah kaya nutrisi dan memperhatikan berbagai aspek gizi untuk kenaikan berat badan. Untuk Moms dan Dads yang tengah mengalami masalah serupa, berikut beberapa rekomendasi menu MPASI yang dapat membantu menunjang kenaikan berat badan bayi. Simak sampai tuntas ya.

1. Bubur Gandum dengan Pisang dan Almond 

Bubur gandum adalah sumber karbohidrat yang baik dan dapat memberikan energi yang cukup untuk Si Kecil. Pisang adalah buah yang kaya akan kalori dan gula alami, sementara almond mengandung lemak sehat yang membantu dalam kenaikan berat badan.

Oleh karena itu, campuran bubur gandum dengan potongan pisang dan almond yang sudah dicincang halus sangat efektif untuk meningkatkan berat badan bayi. Selain efektif, campuran tiga bahan ini juga memiliki rasa yang enak, sehingga membuat Si Kecil senang saat memakannya.

2. Puree Alpukat dan Keju Cottage

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak sehat dan kalori, buah yang satu ini sudah terkenal sangat baik digunakan dalam menu MPASI Si Kecil. Untuk menambah manfaat dan variasi rasa, Moms bisa mencampur alpukat dengan keju cottage.

Untuk Moms yang belum mengetahui, keju cottage adalah salah satu jenis keju yang mengandung protein dalam jumlah besar. Pada masa pertumbuhan, protein sangat dibutuhkan dan berperan penting untuk pembentukan massa otot bayi yang akan berdampak pada kenaikan berat badannya.

3. Sup Ayam dengan Kentang dan Wortel

Sup ayam adalah sumber protein yang baik dan memiliki rasa yang lezat. Selain itu, sup ayam mudah dicerna oleh mulut dan perut mungil Si Kecil. Apabila Moms membuat menu MPASI sup ayam, jangan lupa untuk menambahkan potongan kentang dan wortel.

Tujuannya adalah untuk memberikan tambahan karbohidrat dan serat yang sangat baik untuk pencernaan Si Kecil. Sup ayam dengan campuran kentang dan wortel ini tidak hanya memberikan asupan nutrisi yang baik tetapi juga membantu meningkatkan berat badan Si Kecil secara efektif.

4. Bubur Beras Merah dengan Daging Sapi Cincang

Bubur beras merah adalah salah satu menu MPASI yang banyak dipilih, bahkan sejak berpuluh tahun yang lalu. Hal ini karena bubur beras merah kaya akan serat dan nutrisi, sehingga menjadi alternatif yang sangat baik untuk tingkatkan berat badan bayi.

Bubur beras merah juga bisa dikreasikan dengan mencampurkan berbagai bahan makanan, salah satunya adalah daging sapi cincang. Moms bisa menambahkan daging sapi cincang yang telah dimasak hingga lunak untuk memberikan tambahan protein dan zat besi yang penting untuk pertumbuhan bayi.

5. Oatmeal dengan Pisang dan Selai Kacang

Oatmeal adalah sumber serat yang baik dan memberikan energi tahan lama, tak hanya bagi orang dewasa, tapi juga untuk bayi. Moms bisa mencari oatmeal khusus bayi yang belum dicampur gula tambahan.

Namun, jika ingin meningkatkan berat badan, jangan hanya memberikan oatmeal kepada Si Kecil. Moms juga bisa menambahkan potongan pisang dan selai kacang untuk menambah variasi rasa yang lezat serta tambahan kalori yang diperlukan untuk kenaikan berat badan bayi.

6. Puree Labu Kuning dan Salmon

Puree menjadi salah satu jenis makanan MPASI yang banyak dipilih, selain karena proses pembuatannya yang mudah, puree juga mudah dicerna oleh lambung Si Kecil. Salah satu bahan makanan yang cocok dijadikan puree adalah labu kuning.

Labu kuning yang mudah ditemukan di pasaran ternyata mengandung karbohidrat kompleks dan gula alami yang sangat efektif untuk membantu meningkatkan berat badan bayi.

Moms bisa mencampur labu kuning dengan salmon yang telah dimasak hingga lunak untuk memberikan tambahan protein dan asam lemak omega 3 yang penting untuk pertumbuhan otak dan kenaikan berat badan.

7. Kentang Panggang dengan Saus Keju

Tak selalu makan berat, MPASI juga terkadang boleh dibuat dalam bentuk camilan. Salah satu yang direkomendasikan adalah kentang panggang. Kentang panggang adalah sumber karbohidrat yang kaya dan memberikan energi yang cukup bagi Si Kecil.

Agar lebih menarik, Moms bisa menyajikan kentang panggang dengan saus keju khusus bayi atau yang Moms buat sendiri. Saus keju dalam sajian ini berfungsi sebagai tambahan kalori dan lemak sehat yang dibutuhkan untuk kenaikan berat badan.

8. Puree Daging Ayam dan Kacang Hijau

Jika ingin menaikkan berat badan bayi, Moms jangan hanya berfokus untuk memberikannya protein sebanyak mungkin. Pastikan protein yang diberikan sebaiknya rendah lemak agar tidak memicu kenaikan berat badan berlebih.

Daging ayam adalah sumber protein tinggi dan rendah lemak yang cocok untuk bayi. Moms bisa mencampur daging ayam yang telah dimasak dengan kacang hijau yang telah direbus hingga lunak untuk memberikan tambahan nutrisi dan tekstur yang menarik bagi Si Kecil.

9. Smoothie Pisang dan Yogurt Tanpa Gula

Penting juga untuk diingat bahwa minuman juga termasuk dalam bagian dari menu MPASI. Maka dari itu, sesekali variasikan menu MPASI dalam bentuk minuman. Smoothie adalah cara yang menyenangkan untuk memberikan nutrisi tambahan kepada bayi.

Salah satu bahan yang bisa digunakan adalah campuran antara pisang matang dengan yogurt tanpa gula untuk mendapatkan campuran yang kaya akan kalsium, protein, dan kalori.

Moms, itulah dia 9 rekomendasi menu MPASI yang cocok untuk membantu kenaikan berat badan bayi. Selain kenaikan berat badan, ada hal lain yang tak kalah penting saat Si Kecil memasuki masa MPASI.

Hal tersebut adalah memilih popok bayi yang tepat karena ketika MPASI, frekuensi poop dan pipis Si Kecil akan menjadi lebih banyak. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih popok bayi yang lebih dari lembut dan dapat menyerap banyak secara cepat seperti Merries Skin Protection.

Merries Skin Protection sebagai popok bayi yang cocok untuk kulit bayi yang masih sangat sensitif karena bersirkulasi udara baik dan dapat mengunci pipis sehingga permukaan popok tetap kering Lapisan Antibakteri dengan ekstrak daun teh pada Merries mampu mengusir bakteri penyebab iritasi dan anti bau.

Keunggulan tersebut bukan hanya sekedar omong kosong belaka karena Merries Skin Protection sudah allergy tested dan teruji klinis oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari S hingga XXL, Merries Skin Protection bisa dengan mudah ditemukan di toko offline ataupun e-commerce. Segera dapatkan popok bayi Merries Skin Protection agar Si Kecil nyaman untuk terus bergerak aktif selama masa MPASI.

Topik Menarik