BMKG: Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang hingga 6 Mei

BMKG: Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang hingga 6 Mei

Terkini | okezone | Senin, 29 April 2024 - 08:36
share

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini di wilayah DKI Jakarta berpotensi diguyur hujan disertai dengan kilat/petir dan angin kencang sepekan kedepan, per 29 April hingga 6 Mei 2024.

“Potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang khusus untuk wilayah di DKI Jakarta dalam sepekan kedepan (29 April - 6 Mei 2024),” tulis BMKG dalam keterangan resminya, Senin (29/4/2024).

BMKG mengatakan hal ini dipengaruhi kondisi atmosfer Jakarta yang diprediksi dalam kondisi labil sehingga mendukung proses pembentukan awan konvektif seperti awan Cumulonimbus (CB) saat siang dan sore hari. Potensi terbesar terdapat pada wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Sementara itu, BMKG mengatakan saat ini sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki masa peralihan musim. Masyarakat masih perlu waspada dan mengantisipasi akan potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

“Salah satu ciri masa peralihan musim adalah pola hujan yang biasa terjadi pada sore hingga menjelang malam hari dengan didahului oleh cuaca yang cukup terik pada pagi hingga siang hari,” ujar BMKG.

BMKG mengatakan karakteristik hujan pada periode peralihan cenderung tidak merata dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat yang berasal dari awan Cumulonimbus (CB). Apabila kondisi atmosfer menjadi labil/tidak stabil yg terlihat dari kelembapan di siang hari yang tinggi dan cuacanya cukup terik maka potensi pembentukan awan konvektif seperti awan CB akan meningkat.

BACA JUGA:

Analisis BMKG Terkait Gempa M6,5 Guncang Garut 

Topik Menarik