Gunung Ibu Erupsi, Ketinggian Letusannya Capai 2 Km

Gunung Ibu Erupsi, Ketinggian Letusannya Capai 2 Km

Berita Utama | okezone | Sabtu, 27 April 2024 - 07:50
share

JAKARTA - Gunung Ibu yang berada di Kabupaten Halmahera Barat kembali erupsi. Adapun ketinggian letusan erupsi mencapai 2 Kilometer.

Dikutip dari laman resmi magma.esdm.go.id, Gunung Api Ibu menunjukan aktivitas erupsi pada Jumat 26 April 2024 pukul 19.19 WIT dengan ketinggian letusan mencapai 2 Kilometer di atas puncak permukaan laut.

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya dan barat,” demikian keterangan yang disampaikan MAGMA Indonesia yang dilihat Sabtu (27/4/2024).

Dalam keterangan tersebut menyebutkan, peristiwa erupsi Gunung Api Ibu terekam di sesimograf dengan amplitudo maksimum 28 milimeter dan durasi 252 detik.

Oleh karena itu, MAGMA Indonesia mengimbau agar para pengunjung atau wisatawan yang berada di sekitar kawasan Gunung Ibu untuk tidak beraktivitas dalam radius 2,0 kilometer dengan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata),” ujarnya.

Topik Menarik