Ayah dan Bunda Catat! Tips Memilih Sekolah Tepat untuk Anak Autisme

Ayah dan Bunda Catat! Tips Memilih Sekolah Tepat untuk Anak Autisme

Terkini | okezone | Jum'at, 26 April 2024 - 13:30
share

MEMILIH sekolah terbaik untuk anak, apalagi anak yang berkebutuhan khusus seperti autisme memang sama sekali bukan perkara mudah. Banyak hal yang perlu diperhatikan secara ekstra, demi pendidikan dan lingkungan yang terbaik untuk sang buah hati.

Biasanya untuk anak berkebutuhan khusus, banyak orang menyarankan agar orangtua memasukkan anaknya untuk bersekolah di Sekolah Luar Biasa. Namun tak dipungkiri, sebagaimana diungkap Dokter Spesialis Anak Konsultan Neurologi, Prof. Dr. dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K). Hardiono menjelaskan orangtua sering kali sedih dan tak terima bila sang anak yang mengidap autis harus disekolahkah ke sekolah khusus.

Padahal, menurut Prof. Hardiono sekolah ini bisa memberikan treatment yang baik untuk anak-anak berkebutuhan khusus ini.

Sekolah biasa atau inklusi sama saja, basicnya sama. Tapi orangtua suka sedih kalau anaknya masuk sekolah inklusi. Dianggapnya anaknya parah, Padahal enggak sih, buat penolong dia, ungkap Hardiono kala ditemui di Press Conference SPEKIX 2024, di Kuningan, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Dalam kesempatan yang sama, Safina Hasan sebagai ibu dari anak pengidap autis sekaligus istri dari presenter terkenal Ferdi Hasan membagikan tips untuk orangtua saat hendak memilih sekolah untuk anak pengidap autis.

Topik Menarik