Benarkah Minum Jus Jambu Bisa Menaikkan Trombosit saat Sakit DBD?

Benarkah Minum Jus Jambu Bisa Menaikkan Trombosit saat Sakit DBD?

Gaya Hidup | okezone | Jum'at, 26 April 2024 - 12:30
share

JUS jambu tak dipungkiri jadi salah satu minuman yang dikenal sebagian besar masyarakat Indonesia, yang diyakini sebagai obat alami ampuh untuk mengobati Demam Berdarah Dengue (DBD)

Meminum jus jambu, dianggap banyak orang awam bisa membantu mengembalikan trombosit yang turun kala menderita sakit demam berdarah. Benarkah khasiatnya demikian? Ternyata, seperti dijelaskan Dokter Spesialis Anak, dr. Ardi Santoso menjelaskan bahwa kunci sembuh dari penyakit DBD dengan mengikuti arahan dokter.

 BACA JUGA:

“Kasus demam berdarah memang lagi banyak ya, terutama anak-anak. Jadi kalau dinyatakan dokter positif demam berdarah, ikuti anjuran dokter dan diskusi dengan dokter,” jelas dr. Ardi dikutip dari akun Instagramnya @ardisantoso, Jumat (26/4/2024).

 BACA JUGA:

Ia menuturkan, bahwa secara medis tidak ada obat yang bisa menaikkan trombosit. Sebab trombosit akan naik secara alami jika masa infeksinya sudah lewat. Sehingga yang namanya jus jambu pun tidak bisa menaikkan trombosit dalam tubuh, apalagi menyembuhkan DBD.

“Demam berdarah itu kan tujuh hari, nanti setelah hari ketujuh dia akan naik sendiri. Jus jambu pun gak akan menaikkan apa pun,” tegasnya.

Topik Menarik