Laporan ke Jokowi, Kepala Bapanas: Stok Bahan Pokok Aman Usai Lebaran

Laporan ke Jokowi, Kepala Bapanas: Stok Bahan Pokok Aman Usai Lebaran

Terkini | okezone | Rabu, 24 April 2024 - 19:14
share

JAKARTA - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi melapor ke Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa stok bahan pokok aman setelah bulan suci Ramadhan dan Lebaran.

"Saya barusan melapor kepada Bapak Presiden mengenai beberapa kondisi pangan mengupdate setelah Lebaran. Pertama, stok untuk semua kebutuhan bahan pokok strategis saya sampaikan berada dalam kondisi aman dan baik," kata Arief di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Untuk beras, cadangan pangan pemerintah masih aman di atas 1,3 juta ton. Untuk harga beras hingga hari ini cenderung stabil dan turun dari beberapa waktu sebelumnya.

"Justru hari ini Pak Presiden memberikan arahan bahwa untuk harga di tingkat petani harus dijaga dengan baik. Sehingga memerintahkan Bapanas tentunya bersama Bulog untuk melakukan off take atau serap karena bulan April ini panennya setara beras 5,5 juta ton," jelasnya.

Kemudian berkaitan dengan HET, Presiden Jokowi berkenan menjaga, menetapkan mengenai fleksibilitas harga seperti yang disampaikan beberapa waktu lalu.

"Jadi ada fleksibilitas harga antara tanggal 10 sampai dengan yang kemarin, tanggal 23, itu hari ini kita akan melakukan perpanjangan sampai 31 Mei tahun ini. Tapi dengan catatan kita juga akan harmonisasi sehingga peraturan badannya juga kita terapkan. Jadi hampir pasti angkanya untuk beras premium HET ada di Rp14.900," ungkapnya.

"Khusus yang medium kita akan diskusikan lagi angkanya kurang lebih sekitar Rp12.000-Rp12.500," sambungnya.

Topik Menarik