Apakah Dosa Zina Masih Bisa Diampuni?

Apakah Dosa Zina Masih Bisa Diampuni?

Terkini | okezone | Sabtu, 20 April 2024 - 13:05
share

APAKAH dosa zina masih bisa diampuni? Dai muda asal Yogyakarta Ustadz Ammi Nur Baits ST BA menerangkan semua orang yang pernah berbuat dosa, punya kesempatan untuk mendapat ampunan ketika bertobat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Apa pun bentuk dosa yang dilakukan, sebesar apa pun kualitas dosanya. Tidak terkecuali dosa zina , Allah Subhanahu wa Ta'ala membuka kesempatan bagi pelakunya untuk bertobat.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Az-Zumar: 53)

Sebagian ulama ahli tafsir mengatakan ayat tersebut memberi harapan terbesar bagi pelaku maksiat untuk mendapat ampunan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Al Hafidz Ibnu Katsir mengatakan:

"Ayat mulia ini merupakan ajakan bagi semua tukang maksiat, baik orang kafir maupun yang lainnya untuk bertobat dan kembali kepada Allah. Dan berisi informasi bahwa Allah mengampuni semua dosa bagi siapa yang mau bertobat dan kembali ke jalan Allah. Apa pun bentuk dosanya, meskipun sangat banyak, sebanyak buih di lautan." (Tafsir Ibnu Katsir, 7/106)

Topik Menarik