Ternyata Ini Arti Istilah Pilot dan Main Jet di Karburator

Ternyata Ini Arti Istilah Pilot dan Main Jet di Karburator

Terkini | okezone | Jum'at, 19 April 2024 - 16:16
share

JAKARTA - Istilah otomotif yang jarang didengar bagi orang awam, membuat sebagian besar pasti bingung akan fungsinya. Padahal istilah tersebut patut diketahui jika Anda memiliki kendaraan.

Contohnya pilot jet dan main jet. Dua komponen tersebut berkaitan dengan karburator.

Karburator merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan, fungsinya sebagai penyalur udara dan bensin yang disatukan untuk proses pembakaran di dalam mesin.

Dalam konteks karburator, pilot jet dan main jet adalah dua komponen penting yang mengatur campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin pembakaran dalam. Berikut adalah penjelasan singkat tentang keduanya:

Pilot Jet

Pilot jet merupakan bagian dari karburator yang bertanggung jawab untuk memberikan campuran udara dan bahan bakar saat mesin beroperasi pada kecepatan rendah atau pada keadaan idle (mesin berjalan tanpa beban).

Pilot jet mengatur suplai bahan bakar pada putaran mesin rendah, yang dibutuhkan untuk menjaga mesin tetap hidup dan berjalan dengan mulus saat berhenti atau berakselerasi perlahan.

Main Jet

Di sisi lain, main jet mengontrol suplai bahan bakar saat mesin beroperasi pada kecepatan tinggi atau pada putaran tinggi. Ini menyediakan campuran udara dan bahan bakar yang diperlukan untuk mempertahankan kinerja mesin pada kecepatan tinggi dan memberikan daya yang diperlukan untuk akselerasi cepat.

Topik Menarik