Penyebab Wasit Nasrullo Kabirov Tidak Cek VAR saat Ivar Jenner Kena Kartu Merah di Laga Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Qatar U-23

Penyebab Wasit Nasrullo Kabirov Tidak Cek VAR saat Ivar Jenner Kena Kartu Merah di Laga Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Qatar U-23

Terkini | okezone | Selasa, 16 April 2024 - 10:28
share

PENYEBAB wasit Nasrullo Kabirov tidak mengecek Video Asisstant Referee (VAR) saat Ivar Jenner terkena kartu merah di laga Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Qatar U-23 akan diulas Okezone. Kinerja Nasrullo Kabirov yang berpaspor Tajikistan menjadi sorotan di laga Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Qatar U-23 pada Senin, 15 April 2024 malam WIB.

Pertama, Nasrullo Kabirov memberikan Timnas Indonesia U-23 hukuman tendangan penalti di pengujung babak pertama. Keputusan itu diambil Nasrullo Kabirov setelah mengecek VAR dan melihat kapten Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho, menyikut pemain depan Timnas Qatar U-23.

(Nasrullo Kabirov jadi musuh pencinta sepakbola Tanah Air. (Foto: AFC)

Hadiah penalti itu pun dikonversi menjadi gol oleh Ali Sabah pada menit 45+4. Skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Qatar U-23 atas Timnas Indonesia U-23 bertahan hingga babak pertama usai.

Di awal babak kedua, Ivar Jenner diusir wasit Nasrullo Kabirov karena dinilai menginjak kaki bek Timnas Qatar U-23, Saif Hassan. Padahal, dalam siaran ulang terlihat jelas, Ivar Jenner sama sekali tidak menginjak kaki Saif Hassan.

Lantas, kenapa wasit Nasrullo Kabirov tidak mengecek VAR layaknya gol pertama Timnas Qatar U-23? Mengutip dari Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB), seorang wasit tidak wajib mengecek VAR Ketika hendak memberikan kartu kuning kedua kepada seorang pemain.

Ada empat poin di mana wasit wajib mengecek VAR. Pertama, untuk mengecek apakah terjadi gol atau tidak. Kedua, untuk mengecek apakah terjadi penalti atau tidak.

Topik Menarik