Wapres Ajak Umat Islam Berjihad Ekonomi Sesuai Nilai Alquran

Wapres Ajak Umat Islam Berjihad Ekonomi Sesuai Nilai Alquran

Nasional | okezone | Jum'at, 29 Maret 2024 - 13:45
share

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengajak umat Islam di tanah air sebagai penduduk mayoritas bangsa Indonesia untuk memperkuat kemampuan ekonominya.

Kita menyongsong Indonesia emas 2045, kita umat Islam harus menjadi umat yang harus memberikan kontribusi yang besar, menjadi umat yang kuat ekonominya, tegasnya saat menghadiri Indonesia Quran Hours 2024, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Menurut Wapres, perjuangan bangsa Indonesia saat ini memang bukan lagi melawan penjajahan, melainkan menciptakan kemakmuran rakyat. Ia menyebutnya sebagai jihad iqtishadi atau jihad ekonomi.

Karena itu, mari kita di dalam situasi sekarang, tidak melawan musuh, tidak melawan penjajah, tapi berjihad di bidang ekonomi, memberdayakan ekonomi masyarakat, imbaunya.

Adapun ekonomi yang dikembangkan, terang Wapres, harus sesuai syariah. Sebab, tuturnya, bermuamalah yang tidak masyruah atau tidak sesuai syariah dianggap tidak bernilai. Allah juga telah memerintahkan manusia dalam Al-Quran untuk mengonsumsi makanan yang halal dan thayyib.

Syariah itu meliputi semua aspek keimanan ya. Ekonomi itu ada aturannya dalam syariah. Karena itu, kita perlu mengembangkan ekonomi harus sesuai dengan syariah. Itu bagian dari namanya muamalah. Sebab, bermuamalah yang tidak syariah, berdagang, ekonomi tidak syariah, muamalah tidak sesuai syariah sama dengan tidak ada. Walaupun ada untungnya besar, tidak ada, jelas Wapres.

Topik Menarik