Waspada! Potensi Tumbuh Siklon Tropis saat Musim Mudik, Cuaca Ekstrem Mengintai

Waspada! Potensi Tumbuh Siklon Tropis saat Musim Mudik, Cuaca Ekstrem Mengintai

Nasional | okezone | Jum'at, 29 Maret 2024 - 08:05
share

JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat waspada potensi tumbuh Siklon Tropis atau Bibit Siklon Tropis di periode mudik.

Siklon Tropis itu, kata Dwikorita, berpotensi terbentuk khususnya di Samudra Hindia, di perairan selatan Indonesia. Sehingga membawa dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia.

BMKG bersama BRIN, BNPB, dan TNI AU menyiapkan opsi untuk melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca untuk mengantisipasi cuaca ekstrem. Semua dalam posisi stand by. BMKG juga membuka posko pelayanan selama pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran, ujar Dwikorita dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (29/3/2024).

Dwikorita menerangkan, secara umum kondisi cuaca selama pekan mudik dibagi dalam tiga fase periodik. Masing-masing, periode sepekan sebelum Lebaran yakni pada tanggal 3-9 April 2024 di mana BMKG memprediksi wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan dalam kategori ringan - sedang.

"Periode kedua, sepekan saat Lebaran 2024 yaitu pada tanggal 10-16 April 2024 yang diprediksi kondisi cuaca di Indonesia secara umum cerah - cerah berawan," kata Dwikorita.

Topik Menarik