Karma Malaysia yang Dulu Remehkan Timnas Indonesia, Kini Ranking FIFA-nya Dibalap Skuad Shin Tae-yong!

Karma Malaysia yang Dulu Remehkan Timnas Indonesia, Kini Ranking FIFA-nya Dibalap Skuad Shin Tae-yong!

Terkini | okezone | Kamis, 28 Maret 2024 - 14:58
share

KARMA Malaysia yang dulu remehkan Timnas Indonesia , kini ranking FIFA -nya dibalap skuad Shin Tae-yong akan diulas Okezone . Medio Januari 2023, Ketua Kompetisi Federasi Sepakbola Malaysia (FAM), Mohd Firdaus Mohamed, terang-terangan tertarik ingin mengundang Timnas Thailand dan Timnas Thailand untuk ambil bagian di Piala Merdeka 2023 yang dilangsungkan di Malaysia pada Oktober 2023.

Thailand dan Vietnam dijadikan prioritas ketimbang negara Asia Tenggara lain seperti Timnas Indonesia karena berstatus dua tim terkuat di kawasan ASEAN. Mohd Firdaus Mohamed menilai level Vietnam dan Thailand sudah level Asia.

(Level Thailand dan Vietnam disebut sudah level Asia. (Foto: X/@changsuek)

Saya pribadi melihat dua tim Asia Tenggara seperti Vietnam dan Thailand yang benar-benar punya kualitas dan standar permainan di level Asia, kata Mohd Firdaus Mohamed mengutip dari Harian Metro.

Hal itu berarti, Mohd Firdaus Mohamed tidak menganggap Timnas Indonesia yang saat itu tengah merintis di bawah asuhan Shin Tae-yong. FAM sejatinya bebas berbicara karena secara ranking FIFA, Timnas Malaysia masih lebih baik ketimbang Timnas Indonesia saat itu.

Berdasarkan ranking FIFA Desember 2022, Timnas Malaysia menempati peringkat 145 dunia, sedangkan Timnas Indonesia menduduki posisi 151 dunia. Sementara itu, Thailand berada di peringkat 111 dunia dan Vietnam bertengger di posisi 96 dunia.

Berselang 14 bulan dari ucapan Mohd Firdaus Mohamed, kondisinya bertolak belakang. Prestasi Timnas Indonesia bisa dibilang masih lebih baik ketimbang Vietnam, Malaysia dan Thailand.

Indikatornya adalah performa di Piala Asia 2023 yang berlangsung pada Januari-Februari 2024 serta babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di Piala Asia 2023, Malaysia dan Vietnam rontok di fase grup, sedangkan Timnas Indonesia dan Thailand melaju ke 16 besar.

Topik Menarik