Simak! Begini Rekayasa Lalu Lintas Imbas Longsor di Tol Bocimi

Simak! Begini Rekayasa Lalu Lintas Imbas Longsor di Tol Bocimi

Nasional | okezone | Kamis, 4 April 2024 - 12:03
share

JAKARTA - Korlantas Polri menerapkan rekayasa lalu lintas atau lalin akibat longsor di Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) tepatnya di KM 64 arah Sukabumi pada Rabu 3 April 2024.

"Terkait kejadian longsor yang di Jalur Bocimi, Bogor Ciawi Sukabumi, kami sudah melaksanakan rekayasa lalu lintas," kata Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigjen Raden Slamet Santoso kepada wartawan, Kamis (4/4/2024).

Saat ini, kata Slamet, seluruh arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Sukabumi akan diarahkan menuju jalur arteri pada Gerbang Tol Cigombong.

Kemudian para pengendara akan kembali dimasukan ke jalur Tol Bocimi melalui Gerbang Tol Parungkuda untuk melanjutkan perjalanan menuju Sukabumi.

"Kemudian dari Sukabumi menuju Jakarta kita keluarkan di exit Parungkuda ke arteri dan masuk lagi ke Cigombong," katanya.

Slamet mengatakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait akan melakukan pengamanan jalur tol di sekitar titik-titik longsor.

"Dari kejadian tadi malam itu ada beberapa kendaraan yang terperosok namun tidak ada yang mengalami korban jiwa hanya luka ringan," katanya.

Slamet mengungkap, kerusakan akibat longsor tersebut cukup parah, sehingga tidak memungkinkan melakukan perbaikan karena akan menghambat arus lalu lintas selama mudik.

"Karena ini sampai satu ruas jalan ya, dan ini kalau kita paksakan perbaikan untuk kegiatan mudik dan balik, saya kira terlalu riskan. Jadi kemungkinan besar kalau pengalaman dari longsor longsor sebelumnya, itu mungkin bisa dua sampe tiga bulan baru bisa diselesaikan," ucapnya.

Sehingga, kata Slamet, ia berharap masyarakat dapat memiliki kesadaran untuk menggunakan jalan alternatif yang sudah diberikan.

Topik Menarik