Peristiwa 30 Maret: Penggunaan Obat Bius untuk Pertama Kalinya

Peristiwa 30 Maret: Penggunaan Obat Bius untuk Pertama Kalinya

Nasional | okezone | Sabtu, 30 Maret 2024 - 04:14
share

JAKARTA - Berbagai peristiwa menarik terjadi pada tanggal 30 Maret di berbagai belahan dunia. Hingga akhirnya menjadi catatan sejarah.

Berikut rangkuman dari sumber-sumber, termasuk Wikipedia:

1. Kepergian Musikus Legendaris Chrisye

Pada 30 Maret 2007, dunia musik Indonesia meratapi kehilangan salah satu tokoh legendaris, Chrismansyah Rahadi yang lebih dikenal sebagai Chrisye. Chrisye dikenal sebagai penyanyi dan pencipta lagu yang berpengaruh di Indonesia.

2. Penyerbuan Pasukan Soviet ke Austria pada Perang Dunia II

Setiap tahun, tanggal 30 Maret 1945, menjadi momen peringatan akan salah satu peristiwa kelam dalam sejarah Perang Dunia II. Pasukan Uni Soviet menyerbu Austria dan berhasil merebut ibu kota negara tersebut, Wina.

3. Pembelian Alaska oleh Amerika Serikat dari Rusia

Pada 30 Maret 1867, Sekretaris Negara Amerika Serikat, William H. Seward, melakukan pembelian Alaska dari Rusia dengan harga 7,2 juta dolar Amerika. Alaska, kini menjadi salah satu negara bagian terbesar dan paling kaya sumber daya alam di Amerika Serikat.

4. Penggunaan Obat Bius untuk Pertama Kalinya

Tanggal 30 Maret 1842 menandai titik bersejarah dalam ilmu kedokteran, ketika obat bius pertama kali digunakan dalam sebuah operasi. Dr. Crawford Long menjadi pelopor penggunaan obat bius, khususnya metode Ether, dalam prosedur medis. Penggunaan obat bius ini tetap menjadi bagian penting dalam praktek medis hingga kini.

Topik Menarik