Peringati Nuzulul Quran, SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Ajak Ratusan Siswa Cinta Al Quran

Peringati Nuzulul Quran, SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Ajak Ratusan Siswa Cinta Al Quran

Nasional | badung.inews.id | Kamis, 28 Maret 2024 - 20:20
share

SOLO, iNewsbadung.id - Peringati Nuzulul Quran, SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta ajak ratusan siswa cinta Al Quran.

Peringatan yang digelar dalam pesantren Ramadhan di sekolah Rabu (27/3/2024) sampai Kamis (28/3/2024) ini diikuti 122 siswa kelas 8.

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Muhammad Izzan Naqiba mengatakan, kegiatan pesantren ramadhan ini dilakukan untuk meningkatkan kecintaan siswa terhadap Al Quran.

"Alhamdulillah, meskipun puasa, para siswa tetap berkreasi dan beribadah, sehingga kegiatan pesantren ramadhan berjalan lancar," terang Muhammad Izzan Naqiba.

Ditambahkan Muhammad Izzan Naqiba, pesantren ini juga dilakukan untuk memotivasi para siswa, sehingga lebih dekat dengan Al Quran, di mana Al Quran dibaca, dipahami arti asbabun nuzul, serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain ajakan mencintai Al Quran, para siswa juga mendengarkan kajian bertema Nuzulul Quran yabg disampaikan Ustaz Fariza Shihabuddin Ismail.

Fariza menceritakan tentang Rasulullah SAW yang mendapatkan wahyu Al Quran, serta memberikan pemahaman terkait sejarah turunnya Al Quran secara bertahap dan tersusun rapi.

Para siswa juga diajak menjadikan Al Quran sebagai pedoman dan sahabat dalam kehidupan sehari-hari.

Selain mengikuti sahur bersama, para siswa mengikuti sholat shubuh, kuis rangking satu, penguatan tata cara sholat idul fitri, pengecekan hafalan doa harian, maghrib berjamaah, berbuka bersama, sholat tarawih, serta mengikuti kultum.

Kegiatan menarik lain adalah perlombaan membuat parcel memanfaatkan barang bekas, di mana parcel paling kreatif dan menarik akan mendapatkan hadiah dari sekolah.

Sementara Dzikron Zaidan Ahmad, salah satu peserta mengaku senang bisa mengikuti acara.

Dzikron Zaidan Ahmad juga merasa sangat terkesan dengan isi kajian nuzulul quran, di mana kajian tersebut mampu menambah pemahaman terhadap sejarah turunnya Al Quran dan memotivasi untuk semangat membaca Al Quran.

Alhamdulillah saya mendapatkan hal baru berupa pengalaman bersama teman-teman yang tidak dapat diperoleh di tempat lain," jelasnya.

Dzikron Zaidan Ahmad juga mengaku semakin bersemangat untuk khatam Al Quran dan terdorong mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Semoga tulisan tentang peringati Nuzulul Quran, SMP Muhammadiyah PK Kottabarat ajak ratusan siswa cinta Al Quran ini dapat bermanfaat bagi banyak pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik