Tapaan Pengging, Tempat Murid Syekh Siti Jenar Melarikan Diri dan Cari Harta Karun

Tapaan Pengging, Tempat Murid Syekh Siti Jenar Melarikan Diri dan Cari Harta Karun

Nasional | okezone | Rabu, 27 Maret 2024 - 06:12
share

SITUS Tapaan Pengging yang berada di Dukuh Wadas, Desa Mojowetan, Kecamatan Banjarejo, konon terdapat sebuah bangunan yang berbentuk pondasi. Menurut perkiraan, bangunan tersebut adalah sebuah pendopo Kerajaan Pengging.

Luasnya kurang lebih 3 hekater dan berada dekat dengan pemakaman umum warga, tepat di depan SMP N 2 Banjarejo. Dilansir dari laman Kabupaten Blora, tempat tersebut memiliki kaitan dengan seorang tokoh, yaitu Ki Ageng Pengging.

Menurut Legenda yang tersebar di masyarakat setempat, Ki Ageng Pengging adalah salah satu pengikut Syekh Siti Jenar dengan ajaran Sufisme Manunggaling Kawula Gusti.

Ajaran tersebut dianggap keluar jalur oleh Wali Songo yang mengutamakan Syariat. Maka Sunan Kudus diutus untuk menasehati Ki Ageng Pengging agar kembali ke syariat, namun ia tetap pada pendiriannya.

Karena merasa terdesak, Ki Ageng Pengging beserta pengikutnya melarikan diri ke arah timur selatan Demak, yaitu tepatnya di lokasi yang sekarang terkenal dengan nama Tapaan Pengging.

Ki Ageng Pengging mendirikan rumah tinggal sementara dan pertapaan. Nah, lokasi ini yang kemudian dikenal dengan Tapaan Pengging.

Topik Menarik