ITB Carnegie dan Shih Hsin University Taiwan Bekerjasama dalam Dunia Media dan Komunikasi

ITB Carnegie dan Shih Hsin University Taiwan Bekerjasama dalam Dunia Media dan Komunikasi

Nasional | medan.inews.id | Selasa, 19 Maret 2024 - 15:20
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Institut Teknologi dan Bisnis Carnegie (ITB Carnegie) bersama Shih Hsin University Taiwan menjalin kerjasama guna menjalankan langkah besar dalam dunia pendidikan Indonesia.

Shih Hsin University, merupakan salah satu Universitas yang dikenal sebagai Universitas Terkemuka No.1 di Taiwan dalam Bidang Perfilman, Jurnalisme, dan Komunikasi, kini menjadi Sister University bagi ITB Carnegie.

Shih Hsin University telah melahirkan banyak tokoh ternama dalam industri perfilman dan media, seperti aktris dan model Bianca Bai, sutradara film John Hsu, serta aktor dan model James Wen.

Keunggulan Shih Hsin University dalam mencetak profesional di bidang ini tidak diragukan lagi. Hal ini menjadi kesempatan emas yang terbuka bagi mahasiswa ITB Carnegie untuk menimba ilmu dan pengalaman di universitas tersebut.

Mengapa belajar tentang media, perfilman, dan jurnalisme begitu penting?

Jawabannya tercermin dalam pepatah yang mengatakan, "Siapa yang menguasai media informasi, dialah sesungguhnya yang akan menguasai dunia."

Pada era digital seperti sekarang, media dan komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk opini publik, mempengaruhi keputusan politik, dan mempromosikan budaya serta nilai-nilai yang dipegang suatu masyarakat.

Kerjasama antara ITB Carnegie dan Shih Hsin University membuka pintu bagi calon mahasiswa yang ingin mendalami bidang ini. Program pertukaran mahasiswa yang ditawarkan oleh Shih Hsin University memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa ITB Carnegie untuk memperluas wawasan dan memperdalam pengetahuan mereka, tanpa perlu khawatir tentang biaya. Dengan biaya Rp 58 juta per semester yang dapat diakses secara GRATIS, kesempatan ini menjadi lebih terjangkau bagi para mahasiswa.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara ITB Carnegie dan Shih Hsin University menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan kedua universitas ini.

Perjanjian kerjasama tersebut ditandatangani oleh Rektor ITB Carnegie, Dr. Stiven Widjaja, A.A,B.S,M.M, dan Prof. Dr. Larry Lai, Wakil Rektor dari Shih Hsin University di Taiwan. Kedua belah pihak sepakat untuk saling mendukung dan memfasilitasi pertukaran ilmu pengetahuan serta pengalaman antara mahasiswa dan staf.

Kerjasama ini bukan hanya tentang memperluas kesempatan pendidikan, tetapi juga membuka peluang baru bagi mahasiswa untuk menjelajahi karier di industri media dan komunikasi yang semakin berkembang.

Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari dua universitas terkemuka ini, mahasiswa ITB Carnegie dapat menjadi agen perubahan yang berpengaruh dalam industri media lokal maupun global.

Dengan langkah bersama ini, ITB Carnegie dan Shih Hsin University berkomitmen untuk menjembatani kesenjangan antara pendidikan dan industri, serta membawa dampak positif bagi masyarakat melalui pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang media dan komunikasi.

Topik Menarik