Komeng, antara Uhuy dan Disonansi

Komeng, antara Uhuy dan Disonansi

Nasional | sindonews | Kamis, 29 Februari 2024 - 12:53
share

Abdul Hakim Jurnalis Sindonews.com, Mahasiswa S3 Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

KOMENG melesat jauh. Meski penghitungan suara (real count) belum sepenuhnya tuntas, namun kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) telah jelas di depan mata. Pantas tak pantas, faktanya Komeng kini secara angka menjadi yang teratas.

Komeng memang fenomenal. Kepolosan wajahnya yang menonjol di kertas suara calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Daerah Pemilihan Jawa Barat justru seolah menjadi terobosan. Perolehan suaranya pun menjadi tak terbendung. Semua ingin mendukung agar sang komedian ini bisa benar-benar bisa melenggang ke Senayan.

Fenomena Komeng ini menjadi penanda (marking) Pemilu 2024 bahwa elektabilitas tak lagi harus ditapaki dengan cara-cara komunikasi politik yang konvensional, formal, dan kaku. Elektabilitas pun tak lagi hegemoni bagi mereka yang dianggap memiliki kapasitas atau otoritas. Kali ini, di level pemilih, praktik demokrasi tampak sangat cair, tak ada lagi ketegangan bahkan cenderung riang serta penuh guyonan.

Ini kontras dengan potret pada pemilu-pemilu sebelumnya saat kepolosan atau mungkin kejujuran malah lebih banyak dihindari. Saat itu, penampilan menjadi sesuatu yang diutamakan.

Bukan hal yang keliru sebenarnya seseorang memoles sedemikian rupa soal tampilan. Wajar, sebagai politikus, orang akan berusaha menunjukkan menjadi profil yang terbaik atau pemimpin berkharisma.

Karakter terbaik ini lazimnya diindikasikan dengan ketampanan, kecantikan, kewibawaan atau kecerdasan. Tak berlebihan jika pada pemilu sebelumnya, orang yang berkontestasi dalam DPD akan memasang foto dengan profil secantik mungkin. Pun demikian bagi kontestan laki-laki, umumnya mengenakan jas sebagai upaya merepresentasikan aspek kewibawaan, kecerdasan dan lain sebagainya.

Bahkan saking tingginya tekad untuk bisa masuk ke Senayan, banyak kontestan memanfaatkan foto editan demi bisa menarik perhatian. Kisruh soal pemakaian foto editan ini kerap menjadi rasan-rasan atau omongan di lapangan. Yang paling fenomenal adalah gegeran antara Farouk Muhammad dan Evi Apita Maya pada 2019. Keduanya adalah calon anggota DPD dari Daerah Pemilihan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Lewat kampanye dan gambar di kertas suara yang sangat cantik, perolehan suara Evi Apita melambung tinggi di Pemilu. Kalah suara hingga terpaut 98.000, Farouk pun menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Farouk mempersoalkan Evi Apita yang dinilai memanipulasi dan mengedit fotonya hingga di luar batas wajar. Namun Gugatan Farouk kandas. Dan meski dinilai kelewat cantik, Evi Apita akhirnya melenggang menjadi anggota dewan.

Sejatinya tak hanya di NTB, fenomena foto editan adalah hal lumrah di banyak daerah. Ini setidaknya bisa disimpulkan dari terpilihnya sosok-sosok baru dan kurang terkenal sejak kursi DPD mulai diperebutkan pada Pemilu 2004. Bahkan, belakangan ini demi bisa lolos menjadi senator, tak sedikit yang harus mengubah nama.

Fenomena Komeng ini memang tidak lepas dari situasi pemilih yang umumnya memiliki keterbatasan preferensi saat masuk di kamar TPS yang sangat privasi itu. Kala terjadi kekosongan preferensi itulah kemudian otak merespons dengan melakukan scanning terhadap sosok yang paling mudah diingat. Di sinilah aspek keterkenalan dan penampilan menjadi dominan. Pilihan akhirnya jatuh kepada artis, tokoh besar atau mereka yang terlihat cantik, ganteng, muda, menarik dan sebagainya.

Namun terpilihnya Komeng sepertinya agak berbeda. Bukan ganteng, cantik, menarik atau muda yang jadi pemikat. Orang justru melihat Komeng sebagai sosok yang tulus dan polos. Dia memang komedian terkenal yang masyhur dengan celetukan 'uhuy'. Namun foto selfienya yang 'nyengir' menjadi penanda bahwa Komeng adalah sosok rakyat biasa yang tampil apa adanya. Pelawak bernama lengkap Alfiansyah Bustami ini berhasil menempatkan sosok dirinya yang terkenal tapi muncul tanpa sekat dan make up. Praktis, dia semakin menjadi begitu dekat dan lekat di hati masyarakat.

Keterkenalan dan kepolosan sebagaimana yang dimiliki Komeng tentu bukan menjadi jaminan tunggal seseorang bisa melenggang ke Senayan. Sebab, menjadi anggota Dewan menuntut kecerdasan, kepiawaian dan sederet pengalaman. Sementara Komeng adalah benar-benar pendatang baru yang belum pernah terjun ke lapangan politik sedikit pun.

Lalu mengapa pemilih begitu mudah menaruh sekaligus mempercayakan harapan kepada seorang Komeng yang latar belakangnya komedian alias pelawak? Di sisi lain, seiring perkembangan teknologi dan pendidikan, rasionalitas para pemilih juga meningkat seiring tingkat pendidikan mereka yang juga kian menanjak. Pertanyaan-pertanyaan inilah yang tentu membutuhkan kajian lebih mendalam ke depan.

Yang jelas fenomena Komeng menjadi babak baru dan telah membukakan mata dan pikiran banyak orang. Bisa jadi, para pemilih umumnya tengah dilanda kejenuhan tingkat tinggi dalam hal perpolitikan. Ini bisa dipicu banyaknya aktor politik Tanah Air yang melakukan pelanggaran bahkan kriminal. Harapan akan tersalurkannya aspirasi pun menjadi awang-awang bahkan sebatas impian semata.

Potret buruknya perilaku anggota Dewan ini faktanya terus terjadi bahkan terkesan kian ugal-ugalan belakangan ini. Regulasi dan undang-undang misalnya dibuat tanpa mampu menangkap tepat isi hati nurani rakyat. Perilaku korupsi pun tak pernah henti meski mereka yang masuk balik jeruji sudah tak terbilang jari. Logika-logika publik pun kian karut marut karena perubahan-perubahan yang diimpikan menjadi sulit atau bahkan mustahil terwujud.

Rakyat pasti jengah karena dihadapkan kenyataan yang jauh dari harapan atau dalam kata lain mengalami inkonsistensi logis. Namun proses demokrasi untuk memilih wakil-wakil mereka mau tak mau harus terus berjalan. Di tengah kebingungan dan mungkin keputusasaan ini, orang menjadi gagap atau seperti diistilahkan Festinger (1957), mengalami disonansi kognitif.

Lalu, berdamai dengan situasi yang tidak ideal tentu jadi sebuah opsi terbaik meski kepercayaan terhadap aktor politik saat ini runtuh hebat. Orang pun menjadi tak lagi tergiur dengan kecantikan, ketampanan, kepiawaian bahkan kecerdasan atau kapasitas sekalipun. Publik lebih nyaman dengan kepolosan, kejujuran dan ketulusan. Sebab sangat mungkin dengan kepolosan tidak berpengalaman, seseorang justru akan mau belajar, lebih berintegritas dan serius bekerja. Mungkin meski dibalut dengan guyonan, namun praktik politik yang nanti dijalankan malah menghasilkan kebahagiaan atau Alfarabi menyebut dengan sa'adah.

Terlepas dari modal selebritas yang dimiliki, lolosnya Komeng menjadi indikasi bahwa komedian berusia 53 tahun ini seolah menjadi antitesis atas aktor-aktor politik saat ini. Pada saat yang sama, sejatinya di tengah masyarakat juga tengah terbangun representasi sosial baru sebagai respons atas situasi politik yang dinilai tak ideal.

Dilihat dari perspektif kajian komunikasi dan psikologi sosial, publik mungkin juga memiliki kesadaran bahwa saatnya ruang-ruang politik Indonesia diisi dengan praktik demokrasi yang lebih inklusif, deliberatif namun asyik. Tentu jika ini dipahami sebagai sebuah representasi baru seperti dikonsepkan Moscovici (1973), langkah Komeng ini juga belumlah final. Agar lebih menjangkar ke benak publik, dibutuhkan objektifikasi sebagai bukti adanya perubahan yang lebih konkret.

Namun di atas segalanya, fenomena Komeng menyadarkan bahwa konsonansi kognitif publik terhadap perpolitikan tak lagi terjebak pada hal yang bersifat formal atau polesan (polishment). Namun ada kecenderungan terus mengarah ke sisi lain yang bersifat sederhana, apa adanya, ringan. dan mengasyikkan. Uhuy...

Topik Menarik