Demokrat: Jika Anies Pilih AHY, Apakah NasDem akan Cabut dari Koalisi?

Demokrat: Jika Anies Pilih AHY, Apakah NasDem akan Cabut dari Koalisi?

Nasional | BuddyKu | Sabtu, 10 Juni 2023 - 19:23
share

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief menyentil Partai NasDem terkait bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

Andi mempertanyakan kesetiaan NasDem dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) jika Anies memilih Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapresnya.

Pertanyaan itu dilontarkan Andi Arief merespons pernyataan Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali yang menuding Partai Demokrat tengah mengancam akan hengkang dari koalisi jika AHY tak terpilih menjadi cawapres pendamping Anies.

"Menurut Mat Ali (Ahmad Ali) gertakan Demokrat hanya untuk memaksakan AHY menjadi bakal cawapres Anies dan akan cabut dari koalisi bisa membuat kita berbalik tanya pada beliau."

"Jika Anies memilih AHY apakah Nasdem akan cabut dari koalisi?" tulis Andi Arief di akun Twitter pribadinya @Andiarief__, seperti dikutip Netralnews, Sabtu (10/6/2023).

Sebelumnya,Ahmad Alimenanggapi pernyataanAndi Ariefyang mengatakan partainya akan mengambil opsi lain bila hingga Juni ini tidak ada kepastian deklarasi capres-cawapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Ali menduga pernyataan Andi Arief mengindikasikan keinginan Demokrat hengkang dari koalisi jika AHY tidak menjadi cawapres Anies.

"Mau ambil opsi lain? Pasti di pikiran kamu opsi lain itu Demokrat mau menarik diri dari Koalisi Perubahan. Atau mungkin bisa jadi karena ketidakpastian AHY jadi wapres, atau dia ingin mengatakan bahwa kalau Anies tidak dengan AHY, kami akan keluar," kata Ali saat dihubungi, Selasa (23/5/2023) lalu.

Ali mengungkapkan, sejak awal partai di KPP sudah sepakat untuk membentuk kerja sama. Bahkan, berdasarkan piagam perjanjian, setiap partai menyerahkan keputusan cawapres kepada Anies Baswedan.

"Memberikan mandat kepada Anies untuk memilih cawapresnya. Nah, mandat itulah yang hari ini dan digunakan Anies untuk melakukan seleksi untuk mencari kira-kira (cawapres) yang pas," tuturnya.

Topik Menarik