Tanggap, Petugas Haji Bantu Jemaah Lansia yang Beser di Bandara Madinah

Tanggap, Petugas Haji Bantu Jemaah Lansia yang Beser di Bandara Madinah

Nasional | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 23:54
share

MADINAH - Keinginan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas agar petugas melakukan para lansia layaknya orang tua sendiri, bisa dilihat dengan kasat mata sepanjang penyambutan di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.

Salah satunya saat seorang jemaah haji lansia beser di depan pintu keluar terminal haji Bandara AMMA, Madinah, Kamis (1/6/2023). Lansia wanita yang berasal dari kloter BDJ 3, tiba-tiba beser atau ngompol di depan pintu terminal. Besar kemungkinan pempersnya tidak menampung lagi.

Sunnah dan Larangan saat Berihram untuk Jemaah Haji

Kaget pasti. Tapi, petugas sigap memberi bantuan. Membantu nenek tersebut ke atas mobil golf. Di atas mobil golf, seorang petugas mendampingi, membawa kopernya dan memegang bahunya.

Stafsus Menag RI Wibowo Prasetyo mengatakan target layanan terhadap jemaah adalah nihil komplain dari para jemaah lansia yang jumlahnya mencapai 66 ribu orang lebih atau sekitar 30% dari total kuota haji Indonesia.

Miqot Jamaah Haji Indonesia Gelombang Pertama Lancar, Pakai Ihrom dari Hotel

"Kita tidak boleh main-main dalam melayani jemaah. Apalagi 30 persen adalah lansia. Jemaah lansia harus terlayani tanpa komplain. Ikuti semua aturan yang telah ditetapkan," kata Wibowo, Kamis (1/6/2023).

Pesan lain yang disampaikan Wibowo adalah agar para petugas fokus pada bidang tugasnya, bukan larut pada kegiatan yang tak penting seperti pamer di media sosial atau mementingkan ibadah sunnah sendiri-sendiri.

"Petugas dibiayai dengan APBN yang bersumber dari uang rakyat. Makanya saya minta agar petugas menata niat, ikhlas, sejak awal melayani jemaah," tandas Wibowo.

Topik Menarik