Setelah Ditendang Jokowi dari Kabinet, Anies Baswedan Malah Terus Moncer di Dunia Politik: 'Kuasa Tuhan, Semesta Ingin Dia Terus Muncul'

Setelah Ditendang Jokowi dari Kabinet, Anies Baswedan Malah Terus Moncer di Dunia Politik: 'Kuasa Tuhan, Semesta Ingin Dia Terus Muncul'

Nasional | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 18:38
share

Anggota Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Sudirman Said menyebut bacapres jagoan pihaknya, Anies Baswedan telah melalui perjuangan berat di dunia politik.

Meski melalui perjuangan berat, Anies menurutnya berhasil melalui rintangan tersebut atas kuasa Tuhan dan semesta ingin Anies terus muncul.

Jadi benar-benar karena kuasa Tuhan, satu persatu tahapan dilalui, ujar Said saat tampil di kanal Youtube Hersubeno Point, dikutip Selasa (30/5/23).

Ini yang saya sebut lingkungan ini (semesta) memberi daya hidup dan daya kepada Anies untuk terus muncul, tambahnya.

Perjuangan berat yang dimaksudkan Said adalah bagaimana Anies mendapat pukulan politik pertama yang disebut akan mematikan karir politiknya yakni saat Jokowi melakukan reshuffle ke Anies.

Sebagaimana diketahui, Anies saat itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Dia sebetulnya dipukul secara politik kan ketika reshuffle, dipukul sejak itu, dia ambles kan, ungkapnya.

Lebih lanjut, perjuangan Anies menurut Said terus mendapat ujian saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Menurut Said, selama 5 tahun memimpin, Anies terus menerus dihajar habis-habisan. Alih-alih bakal hilang dan tenggelam karena begitu banyak tekanan atau serangan yang diterima, Said menilai Anis justru terus muncul di permukaan perpolitikan nasional.

Yang terjadi bukannya hilang malah terus muncul. Kemudian Pilkada 2022 ditiadakan, mungkin biar panggungnya terputus, bukannya dia hilang malah muncul terus menerus. Jadi benar-benar karena kuasa Tuhan, satu persatu tahpan dilalui, ini yang saya sebut lingkungan ini memberi daya hidup dan daya kepada Anies untuk terus muncul, jelasnya.

Atas perjuangan berat yang dilewati Anies itu, Said menyebut hidup Anies ditopang oleh semesta.

Saya sebut daya hidupnya Anies karena alam semesta, ujar Said.

Artinya Anies adalah produk dari kebutuhan keadaan, sekarang tantangan kita adalah memadukan antara langkah ikhtiar dengan momentum ini, tambahnya.

Topik Menarik