Demi Galang Suara Pemilih Anies, Benarkah Band Dewa 19 Gelar Konser 2 Hari 2 Malam?

Demi Galang Suara Pemilih Anies, Benarkah Band Dewa 19 Gelar Konser 2 Hari 2 Malam?

Nasional | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 04:06
share

Video terkait pencapresan Pemilu 2024 kembali beredar di media sosial lewat sebuah kanal YouTube yang diunggah pada 27 Mei 2023.

Sampul dan judul video seolah menarasikan, band Dewa 19 menggelar konser untuk menggalang suara pemilih bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan.

"DEMI MENANGKAN ANIES PILPRES AHMAD DHANI GELAR KONSER DEWA19 DUA HARI DUA MALAM GALANG KEKUATAN," tulis kanal tersebut pada sampul video.

"Gelar Konser Dewa19 Dua Hari Dua Malam Untuk Anies ! Ahmad Dhani Galang Kekuatan Suara Pilpres anies !!" demikian bunyi judul video terkait.

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan informasi terkait Dewa 19 menggelar konser untuk menggalang suara pemilih Anies.

Narator dalam video hanya membacakan artikel dari VIVA.co.id berjudul "Nonton Konser Dewa 19, Ada Anies Baswedan hingga Ridwan Kamil, Prabowo Duduk Bareng Ibu Ahmad Dhani", tayang pada 5 Februari 2023.

Artikel membahas soal konser bertajuk "Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19" di Jakarta International Stadium (JIS), 4 Februari 2023. Terlihat sejumlah pejabat menonton konser tersebut, mulai dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, termasuk Anies.

Dengan demikian, video dengan narasi Dewa 19 menggelar konser untuk menggalang suara pemilih Anies adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi terkait dalam pembahasan video.

Topik Menarik