Tingkatkan Pemahaman Merk Dagang, 100 UMKM Depok Diberi Pelatihan Gratis

Tingkatkan Pemahaman Merk Dagang, 100 UMKM Depok Diberi Pelatihan Gratis

Nasional | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 19:55
share

DEPOK,iNewsDepok.id - Pemahaman pelaku usaha kecil menengah (UMKM) Depok terhadap perlindungan mer dagang masih rendah. Untuk meningkatkan pemahaman tersebut, PT Karabha Digdaya menggelar pelatihan untuk 100 pelaku UMKM di Kecamatan Tapos.

Acara bertajuk Pentingnya Perlindungan Merek Dagang UMKM Lokal dalam Pasar Global ini memberikan pemahaman pada pelaku UMKM mengenai pentingnya mendaftarkan hak dagang. Sehingga nantinya mereka dapat mengembangkan usahannya dan bisa bersaing di dunia global.

Tahun 2023 dicanangkan sebagai Tahun Tematik Merek. Karenanya, kami mendorong pelaku UMKM untuk mendaftarkan merek dengan membangun kesadaran cinta dan bangga merek Indonesia, kata Founder and Managing Partner dari Simanjuntak and Partner Law Office, Timoty Ezra Simanjuntak, selaku pengisi acara, Senin (29/5/2023).

Dalam kegiatan ini pihaknya menggandeng beberapa kelurahan di Depok yang mempunyai UMKM. Seperti diketahui, UMKM menjadi penopang ekonomi terbesar yang mampu menjaga stabilitas negara saat ini.

Dengan mendaftarkan merek para pelaku UMKM dapat melindungi merek mereka yang dinilai mutlak dibutuhkan untuk mencegah serta menghindari pelanggaran serta memperoleh kepastian hukum atas kepemilikan merek, tukasnya.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban sosial, S&P Law Office juga memberikan konsultasi gratis bagi 10 UMKM di Kecamatan Tapos. Konsultasi yang diberikan meliputi analisa dan memberikan saran atas penentuan klasifikasi untuk produk milik UMKM. Pihaknya memberikan pemahaman mengenai IP Checking, Surat Pembanding Merek dan IP Protect.

Kita semua tentunya berharap, dengan ciri khas yang ditonjolkan dari masing-masing UMKM baik itu berupa cita, rasa dan karsa bahkan nama dari produk itu sendiri, bisa diterima serta dikenak oleh masyarakat luas. Dan kami siap memberikan bantuan untuk menjaga lewat perlindungan merek dagang, harapnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Perusahaan PT Karabha Digdaya, Priambodo menuturkan, kegiatan ini diharapkan bisa berdampak baik pada peningkatan UMKM. Sehingga ke depan akan banyak pelaku UMKM di Kota Depok yang sudah melek mengenai merk dagang.

Ini mungkin terlihat kecil, tapi dengan memperhatikan hal-hal sekecil ini setidaknya bisa membuat rekan-rekan UMKM lebih aman dalam menjalankan usahanya. Kalau terkait urusan desain maupun rasa, saya kira mereka sudah punya kelebihan masing-masing, katanya.

Topik Menarik