Kodim Tarakan Gelar TMMD Ke-116, Kerahkan 150 Personel Bangun Jalan Baru

Kodim Tarakan Gelar TMMD Ke-116, Kerahkan 150 Personel Bangun Jalan Baru

Nasional | BuddyKu | Rabu, 10 Mei 2023 - 20:15
share

TARAKAN Pembangunan jalan baru dilakukan Kodim 0907/ Tarakan, Kalimantan Utara. Jalan sepanjang 1 Km dengan lebar 8 meter menjadi prioritas saat TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Ke-116 resmi dibuka, Rabu (10/5/2023).

Wali Kota Tarakan, Khaerul yang membuka kegiatan ini menyambut baik langkah nyata keterlibatan TNI dalam membangun desa. Sebab, formula TMMD menjadi lompatan pembangunan yang mengacu pada kesederhanaan kebersamaan dan koordinasi lintas sektor.

"Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada pimpinan TNI AD atas terlaksananya kegiatan TMMD di Kota Tarakan. Hal ini menunjukkan bahwa kemanunggalan TNI dengan rakyat masih melekat serta nilai-nilai manfaatnya masih sangat dirasakan oleh masyarakat banyak," kata Khaerul usai membuka kegiatan.

Bertema Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat, TMMD ini diharapkan menjadi jawaban masalah ketertinggalan melakukan percepatan pembangunan di desa akan tuntas.

TMMD Ke-116 ini melibatkan 150 personel gabungan, di antaranya TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polres Tarakan, Ormas serta masyarakat setempat. Kegiatan akan berlangsung selama sebulan mulai 10 Mei sampai dengan 8 Juni 2023.

Dansatgas Komandan Kodim 0907/Trk Letkol Inf Reza Fajar Lesmana menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan operasi Bhakti TNI yang dilakukan bersama-sama dengan instansi pemerintah serta seluruh komponen masyarakat di khususnya RT 04 Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur.

Kegiatan juga akan di isi beberapa program yaitu rehab posyandu dan 6 unit RTLH, penyuluhan pengawas bangunan dan belanegara, pelayanan kesehatan, dan KB gratis, penyuluhan stunting, penyuluhan pengolahan budidaya rumput laut, penyuluhan bahaya narkoba, hukum dan Kambtibmas.

Selain itu, akan ada sosialisasi rekurtmen anggota TNI, bakti sosial dan pemberian bantuan beras kepada 370 KPM.

"Saya yakin kegiatan ini mampu merangsang kreatifitas dan mengembangkan UMKM masyarakat untuk membangun desanya agar lebih maju dan berkembang," tandasnya.

(shf)

Original Source
Topik Menarik